Cara Mencari My Komputer Di Windows 10 Tanpa Product Key

Windows 10 adalah sistem operasi yang paling populer saat ini, digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Namun, begitu banyak fitur dan opsi yang tersedia, membuat pengguna kadang kesulitan untuk menggunakan sistem operasi ini dengan optimal. Tidak hanya itu, ada juga kasus di mana pengguna membutuhkan solusi cepat untuk masalah teknis terkait Windows 10, seperti mencari tahu jenis sistem operasi yang digunakan atau mencari dan menginstall driver. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara mudah untuk menyelesaikan masalah teknis Windows 10 dan memberikan FAQ yang sering ditanyakan untuk memudahkan pengguna dalam memaksimalkan penggunaan Windows 10.

Cara-cara Mudah Menyelesaikan Masalah Teknis Windows 10

1. Mengetahui Jenis Windows 10 yang Digunakan di Laptop

Mengetahui jenis sistem operasi yang digunakan di laptop adalah hal yang sangat penting untuk menghindari masalah kompatibilitas dan memastikan bahwa fitur yang digunakan sesuai dengan tipe sistem operasi. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengetahui jenis Windows 10 yang digunakan di laptop:

– Melalui Settings

Cara yang pertama adalah dengan membuka Settings di Windows. Buka menu Start dan pilih Settings (ikon gerigi). Setelah itu, pilih System, lalu pilih About. Di bagian ini, kamu akan menemukan spesifikasi tentang windows, yang mencantumkan informasi tentang jenis windows 10, versi, build, dll.

– Melalui Command Prompt

Cara kedua adalah dengan menggunakan Command Prompt. Buka Command Prompt (klik Start lalu ketik CMD) dan ketik perintah “systeminfo” tanpa quotes lalu tekan enter. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga Command Prompt menampilkan informasi tentang sistem operasi, termasuk spesifikasi jenis windows.

– Melalui System Properties

Jalan lain untuk mengetahui jenis Windows 10 yang digunakan adalah dengan melihat detail di System Properties. Buka jendela Run dengan menekan tombol Windows + R, ketik “winver” tanpa quotes di dalam Run dialog box, dan tekan Enter. Dalam waktu singkat, jendela informasi tentang sistem operasi akan muncul yang menyatakan versi dan build Windows 10 yang digunakan di komputer.

– Melalui Powershell

Cara lain yang cukup populer untuk mengetahui jenis Windows 10 yang digunakan adalah menggunakan Windows Powershell. Buka Start menu, ketik “Powershell” pada kotak pencarian, klik kanan pada hasil pencarian dan pilih “Run as Administrator”. Setelah itu, ketikkan “Get-ItemProperty HKLM:SoftwareWow6432NodeMicrosoftWindows NTCurrentVersion | Select-Object ProductName, ReleaseId” tanpa tanda kutip pada powershell, dan tekan Enter. Info tentang versi windows 10 akan muncul di Powershell.

– Melalui Registry Editor

Jika kamu ingin mengetahui detail yang lebih dalam tentang Windows 10 kamu, kamu bisa menggunakan Registry Editor. Buka Run dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter. Akan muncul Registry Editor. Lalu, navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersion dan cari Value dari ProductName. Maka dari itu kamu bisa tuduhkan jenis windows 10 yang kamu gunakan.

2. Mencari dan Install Driver untuk Komputer/Laptop Tanpa CD

Driver adalah perangkat lunak yang sangat penting untuk memastikan perangkat keras di komputer berfungsi dengan optimal. Namun, kadang pengguna tidak dilengkapi dengan CD saat membeli komputer atau laptop. Berikut ini cara-cara mudah untuk mencari dan menginstall driver tanpa CD:

– Melalui Situs Resmi Produsen

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mencari driver adalah dengan mengunjungi situs resmi produsen. Setiap produsen komputer atau laptop memiliki situs resmi dan biasanya menyediakan halaman khusus untuk download driver untuk produk-produk mereka. Cukup cari model perangkat yang kamu gunakan dan unduh driver yang dibutuhkan.

– Melalui Situs Alternatif

Ada juga beberapa situs alternatif yang bisa digunakan untuk mencari dan menginstall driver, seperti DriverMax, DriverPack Solution, dan Driver Talent. Situs ini akan melakukan pemindaian otomatis perangkatmu dan menginstal driver yang sesuai untuk perangkat kerasmu.

– Melalui Windows Update

Cara lain yang bisa digunakan untuk mencari dan menginstall driver adalah melalui Windows Update. Windows Update mencari dan menginstal update terbaru untuk sistem operasi, termasuk update driver untuk perangkat keras. Namun, perlu diingat bahwa proses ini dapat memakan waktu dan membutuhkan koneksi internet yang stabil.

– Melalui Device Manager

Cara terakhir adalah dengan menggunakan Device Manager. Buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + X, lalu pilih Device Manager. Di dalam Device Manager, cari perangkat yang membutuhkan driver, klik kanan pada perangkat tersebut, lalu pilih “Update Driver”. Setelah itu, pilih opsi untuk mencari driver secara online atau menginstal driver dari komputer.

Baca Juga :  Cara Instal Cordova Di Windows

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara mengatasi masalah Windows 10 yang lambat atau lag?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah Windows 10 yang lambat atau lag, antara lain:

– Membersihkan Disk

Salah satu cara mudah untuk mempercepat kinerja komputer adalah dengan membersihkan disk. Buka menu Start, ketik “disk cleanup” (tanpa tanda kutip) pada kotak pencarian, lalu pilih “Disk Cleanup” dari hasil pencarian. Setelah itu, pilih disk yang ingin kamu bersihkan, dan pilihlah jenis file yang ingin dihapus.

– Menonaktifkan Efek Visual

Efek visual di Windows 10, seperti animasi transisi, dapat membuat sistem operasi terlihat bagus, namun bisa juga mengurangi performa. Untuk menonaktifkan efek visual, buka menu Start, ketik “system” di kotak pencarian, pilih “System”, lalu pilih “Advanced System Settings” dari menu di sebelah kiri. Pilih opsi “Settings” di bawah kategori Performance.

– Menghapus Program yang Tidak Dibutuhkan

Menghapus program yang tidak diperlukan adalah cara lain untuk mempercepat kinerja komputer. Buka Settings, pilih Apps & Features, cari program yang ingin dihapus, lalu klik Uninstall.

2. Bagaimana cara Mengatasi Windows 10 yang Tidak Bisa Booting?

Masalah pengguna Windows 10 yang paling umum adalah masalah startup atau booting yang tidak berhasil. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah booting Windows 10:

– Menggunakan Perintah Startup Repair

Cara pertama adalah dengan menggunakan perintah Startup Repair. Buka Advanced Startup Options dengan menekan tombol Shift saat me-restart komputer. Setelah itu, pilih opsi “Troubleshoot” > “Advanced Options”, lalu pilih “Startup Repair”. Ikuti instruksi layar untuk memulai proses perbaikan startup.

– Menggunakan Command Prompt

Cara kedua adalah dengan menggunakan Command Prompt. Buka Advanced Startup Options seperti cara di atas, pilih “Troubleshoot” > “Advanced Options”, lalu pilih “Command Prompt”. Ketik perintah “bootrec /fixmbr” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter. Setelah itu, ketik perintah “bootrec /fixboot” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter. Setelah itu, ketik perintah “bootrec /scanos” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Setelah proses scanning selesai, ketik “bootrec /rebuildbcd” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.

– Menggunakan CHKDSK

Cara terakhir adalah dengan menggunakan CHKDSK. Buka Command Prompt (cara kerjanya seperti di atas), ketik perintah “chkdsk c: /f /r” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter. Perintah ini akan melakukan scanning terhadap drive C, memperbaiki file sistem yang rusak dan sector buruk. Proses ini mungkin memerlukan waktu yang cukup lama, dan setelah proses selesai, restart computermu.

Video Tutorial Windows 10

Bagi pengguna yang lebih nyaman dalam mempelajari sesuatu dengan melihat video, tentu saja ada banyak video tutorial Windows 10 di YouTube yang bisa dijadikan referensi. Berikut ini adalah contoh video tutorial Windows 10 yang bisa kamu tonton:

– 10 Tips & Tricks for Windows 10: https://youtu.be/-n3TeHS2aHc
– How to Install Windows 10: https://youtu.be/Xzbrhbrejqo

Kesimpulan

Windows 10 adalah sistem operasi yang populer dan dengan banyak fitur, membuat pengalaman pengguna bisa berbeda-beda. Namun, tersedia banyak opsi untuk mengatasi masalah teknis yang muncul, seperti menemukan jenis Windows 10 yang digunakan dan mencari serta menginstall driver. Selain itu, ada juga banyak cara untuk memperbaiki masalah teknis yang lain, seperti masalah lambat atau lag hingga booting yang tidak berhasil. Dalam memperbaiki masalah teknis ini, tentu saja ada beberapa hal dimana kamu bisa mempelajarinya secara mandiri dengan mencari tutorial dan tutorial online. Namun, jika kamu merasa kesulitan untuk mengatasi masalah teknis yang muncul, ada baiknya untuk menghubungi layanan teknis resmi Windows 10 atau pergi ke toko/kedai komputer terdekat.