Cara Mencari Kesimpulan Jumlah Pada Data Di Excel

Data yang diunggah berikut ini akan berisi beberapa contoh rumus Excel yang berguna dalam pengolahan data, dalam konteks aplikasi Mobile Legends.

Cara Menghitung Nilai Pada Excel

Penggunaan Excel mempermudah pekerjaan dalam mengolah data, khususnya dalam dunia bisnis dan keuangan. Salah satu hal penting yang harus diketahui adalah cara menghitung nilai pada Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel pada computer, lalu buat spreadsheet baru.
  2. Masukkan data yang akan dihitung, contohnya pada kolom A dan B untuk input nilai dan jumlah (quantity) item yang terjual.
  3. Pada kolom C, tuliskan fungsi / rumus sebuah formula yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata (average) penjualan.
  4. Melanjutkan contoh di atas, Rumus yang digunakan adalah: =AVERAGE(A2:A11*B2:B11)
  5. Setelah itu tekan tombol enter untuk menghitung hasilnya.
  6. Hasil dari perhitungan tersebut akan muncul pada sel C12.

Rumus Excel If Jumlah

Pada Microsoft Excel, terdapat fungsi IF, COUNT, dan SUM untuk menghitung jumlah item tertentu. Fungsi ini digunakan untuk memperoleh data atau item tertentu pada suatu kisaran atau range tertentu. Berikut adalah langkah-langkah dalam menggunakan Rumus Excel If Jumlah:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel pada komputer.
  2. Buat spreadsheet baru dan input data yang akan dihitung. Contohnya, pada kolom A dan B untuk input data dan jumlah item yang terjual.
  3. Pada kolom C, tuliskan fungsi / rumus IF (Logical function) yang digunakan untuk menghitung jumlah item tertentu. Rumus pada kolom C dapat dituliskan sebagai berikut: =IF(A3=”Sheila”,SUM(B3),0)
  4. Jika kondisinya benar / hasilnya TRUE, maka jumlah item yang terjual akan muncul pada kolom D.
Baca Juga :  Cara Membuat Data Dalam Grafik Di Excel 2010

Rumus Excel Menghitung Jumlah Digit

Pada pengolahan data menggunakan Microsoft Excel, terkadang dibutuhkan suatu rumus untuk melakukan penjumlahan suatu digit yang berada pada kolom tertentu. Berikut adalah langkah-langkah pada penggunaan rumus Excel dengan fungsi SUM dan CONCATENATE:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel pada komputer.
  2. Buat spreadsheet baru dan input data yang akan dihitung. Contohnya, pada kolom A dan B untuk input data dan jumlah digit.
  3. Pada kolom C, untuk menghitung jumlah digit, tuliskan fungsi / rumus menggunakan SUM dan CONCATENATE sebagai berikut: =SUM(VALUE(CONCATENATE(LEFT(B2),”.”,RIGHT(B2,1)))))
  4. Setelah menulis rumus tersebut, tekan enter dan hasil perhitungan akan muncul pada kolom C.

Cara Membuat Kesimpulan Sesuai Kaidah yang Baik dan Benar

Kesimpulan merupakan bagian penting dari sebuah tulisan, termasuk dalam sebuah artikel atau laporan. Kesimpulan adalah rangkuman dari keseluruhan isi tulisan yang akan memberikan gambaran tentang apa yang telah dibahas dalam tulisan tersebut. Ada beberapa kaidah atau aturan yang harus diikuti dalam membuat kesimpulan sebuah tulisan, antara lain:

  1. Mengulang kembali argumen atau pokok-pokok yang telah dibahas pada bagian isi tulisan.
  2. Memberikan penilaian atau analisis atas argumentasi yang diuraikan pada isi tulisan.
  3. Menyimpulkan atau menarik kesimpulan dari argumentasi yang telah diuraikan pada isi tulisan.

FAQ

Pertanyaan:

Apa saja rumus Excel yang digunakan pada pengolahan data pengguna aplikasi Mobile Legends?

Jawaban:

Ada beberapa rumus Excel yang umum digunakan pada pengolahan data pengguna aplikasi Mobile Legends, di antaranya adalah menghitung rata-rata penjualan, jumlah barang yang terjual, dan jumlah digit yang ada dalam sebuah data.

Pertanyaan:

Apa saja kaidah atau aturan yang harus diikuti dalam membuat kesimpulan sebuah tulisan?

Jawaban:

Kaidah atau aturan dalam membuat kesimpulan sebuah tulisan antara lain mengulang kembali argumen atau pokok-pokok yang telah dibahas pada bagian isi tulisan, memberikan penilaian atau analisis atas argumentasi yang diuraikan pada isi tulisan, dan menyimpulkan atau menarik kesimpulan dari argumentasi yang telah diuraikan pada isi tulisan.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT INPUT DATA OTOMATIS DI EXCEL