CARA MEMISAHKAN DATA GANDA PADA EXCEL

Jika Anda sering bekerja dengan Excel, mungkin pernah mengalami kebingungan saat sel memiliki isi yang sangat panjang dan sulit untuk dibaca dengan cepat. Namun, jangan khawatir, ada cara untuk memecah isi sel menjadi beberapa baris atau kolom sehingga mudah dibaca dan dipahami. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan dalam Excel versi 2016.

Cara Memisahkan Isi Sel Menjadi Beberapa Baris

1. Gunakan fungsi teks konkat untuk memasukkan karakter baris baru di dalam teks.

CARA MEMISAHKAN DATA GANDA PADA EXCEL

Caranya adalah dengan mengetikkan fungsi =textjoin() pada sel yang kosong dan memasukkan argumen separator (baris baru), mode ignore error, dan rentang sel yang ingin dipisahkan. Kemudian tekan enter dan hasilnya akan tampil pada sel baru.

2. Gunakan kombinasi fungsi pecah dan bergabung untuk memisahkan isi sel menjadi beberapa baris.

pemisahan sel excel

Caranya adalah dengan mengetikkan fungsi =left() pada sel yang ingin dipisahkan dan mengisi argumen awal (1), dan panjang karakter yang sesuai dengan jumlah kata di dalam sel tersebut. Kemudian gunakan fungsi =mid() untuk menentukan karakter berikutnya dan demikian seterusnya hingga selesai memisahkan kata-kata dalam sel. Selanjutnya, gunakan fungsi =concatenate() untuk menyatukan hasil pecahan tersebut ke dalam sel baru.

Cara Memisahkan Isi Sel Menjadi Beberapa Kolom

1. Gunakan fitur Text to Columns untuk memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom.

pemisahan sel excel

Fitur Text to Columns memungkinkan Anda untuk memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom berdasarkan karakter pemisah tertentu, seperti koma, spasi, atau karakter khusus lainnya. Caranya adalah dengan memilih sel atau rentang sel yang ingin dipisahkan, kemudian klik tab Data pada menu ribbon, dan klik Text to Columns. Pilih jenis pemisah yang diinginkan dan klik Next, lalu tentukan jenis format yang diinginkan dan klik Finish.

2. Gunakan rumus terbilang untuk memisahkan angka menjadi ratusan, ribuan, dan sebagainya.

pemisahan angka excel

Caranya adalah dengan mengetikkan fungsi =spellnumber() pada sel yang ingin dipisahkan dan memasukkan argumen angka yang ingin diubah menjadi kalimat terbilang. Misalnya, untuk angka 12345, maka hasilnya akan menjadi “dua belas ribu tiga ratus empat puluh lima”. Selanjutnya, Anda dapat memisahkan kalimat tersebut menjadi beberapa kolom menggunakan metode yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

FAQ

Bagaimana cara menambahkan karakter baris baru pada sel di Excel?

Anda dapat menambahkan karakter baris baru pada sel di Excel dengan menggunakan fungsi teks konkat. Caranya adalah dengan mengetikkan fungsi =textjoin() pada sel yang kosong dan memasukkan argumen separator (baris baru), mode ignore error, dan rentang sel yang ingin dipisahkan. Kemudian tekan enter dan hasilnya akan tampil pada sel baru.

Bagaimana cara memisahkan angka menjadi ratusan, ribuan, dan sebagainya di Excel?

Anda dapat memisahkan angka menjadi ratusan, ribuan, dan sebagainya di Excel dengan menggunakan rumus terbilang. Caranya adalah dengan mengetikkan fungsi =spellnumber() pada sel yang ingin dipisahkan dan memasukkan argumen angka yang ingin diubah menjadi kalimat terbilang. Misalnya, untuk angka 12345, maka hasilnya akan menjadi “dua belas ribu tiga ratus empat puluh lima”. Selanjutnya, Anda dapat memisahkan kalimat tersebut menjadi beberapa kolom menggunakan fitur Text to Columns atau kombinasi fungsi pecah dan bergabung.

Baca Juga :  Cara Membuat Daris Berpotongan Di Excel

Video Tutorial Mengenai Cara Memisahkan Data Dalam Satu Sel (Excel)

Berikut adalah video tutorial yang menjelaskan cara memisahkan data dalam satu sel di Excel: