Cara Membuat Tabel Z Dengan Excel

Excel adalah program spreadsheet yang banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam penggunaannya, Excel memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai macam pengolahan data, seperti menciptakan tabel, chart, serta rumus-rumus matematika yang kompleks.

Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis

Membuat tabel di Excel cukup mudah dan sederhana. Namun, apakah Anda tahu bagaimana membuat tabel itu menjadi lebih menarik dengan warna? Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara membuat tabel di Excel berwarna otomatis:

Langkah 1

Buka Excel dan masukkan data yang akan dimasukkan ke dalam tabel.

Cara Membuat Tabel Z Dengan Excel

Langkah 2

Pilih data dan klik menu “Insert” kemudian ikuti langkah selanjutnya.

Membuat tabel di Excel

Langkah 3

Pilih opsi “Tabel” pada menu di bawah “Insert”, lalu pilih “Tabel dengan Gaya”.

Membuat tabel di Excel

Langkah 4

Pilih jenis gaya tabel yang diinginkan pada daftar “Gaya Tabel” dan tabel akan dibuat dengan gaya yang dipilih.

Langkah 5

Pilih sel di dalam tabel dan pilih opsi “Warna Tabel”. Pilih warna yang diinginkan dan tabel akan berubah warna sesuai dengan yang dipilih.

Cara Membuat Scoreboard di Excel

Scoreboard adalah salah satu alat penting dalam kompetisi, baik itu olahraga, kuis, atau kegiatan lainnya yang membutuhkan penilaian. Dalam pembuatan scoreboard, Excel adalah salah satu program yang dapat digunakan. Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara membuat scoreboard di Excel:

Langkah 1

Buka Excel dan buatlah baris dan kolom seperti pada gambar di bawah ini:

Membuat scoreboard di Excel

Langkah 2

Isi data pada kolom yang telah dibuat, yaitu nama tim dan skor.

Langkah 3

Pilih sel yang akan berisi skor jadi dan klik kanan, lalu pilih “Format Cell”. Pada tab “Number”, pilih “Custom” dan masukkan kode berikut:

00;00;-00;

Dengan kode ini, angka yang dimasukkan akan ditampilkan dalam format skor.

Langkah 4

Gunakan rumus: =MAX(A2:B2) untuk menampilkan score tertinggi dari kedua tim.

Langkah 5

Buat scoreboard menjadi lebih menarik dengan menambahkan warna pada background dan font serta menyesuaikan dengan tema kegiatan.

FAQ

Apa itu Excel?

Excel adalah program spreadsheet yang digunakan untuk pengolahan data dan menciptakan chart serta rumus-rumus matematika yang kompleks.

Bagaimana cara membuat tabel di Excel berwarna otomatis?

Langkah-langkah menjadikan tabel di Excel lebih menarik dengan warna adalah sebagai berikut: Buka Excel dan masukkan data yang akan dimasukkan ke dalam tabel. Pilih data dan klik menu “Insert” kemudian ikuti langkah selanjutnya. Pilih opsi “Tabel” pada menu di bawah “Insert”, lalu pilih “Tabel dengan Gaya”. Pilih jenis gaya tabel yang diinginkan pada daftar “Gaya Tabel” dan tabel akan dibuat dengan gaya yang dipilih. Pilih sel di dalam tabel dan pilih opsi “Warna Tabel”. Pilih warna yang diinginkan dan tabel akan berubah warna sesuai dengan yang dipilih.

Video Tutorial Excel untuk Pemula

Baca Juga :  CARA MENCARI SEMUA FILE EXCEL