Cara Membuat Split Cell Di Excel 2013

Microsoft Excel pada dasarnya adalah salah satu aplikasi pengolah angka yang sangat handal dan populer. Excel digunakan oleh hampir semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pengusaha, dan bahkan hingga karyawan perkantoran. Dalam setiap aktivitas penggunaannya, Excel menyediakan sejumlah tool dan fitur canggih untuk mempermudah pengguna dalam menganalisa, mengelola, dan mengolah data. Salah satu fitur yang paling penting dalam menggunakan Excel adalah cara membuat formula pada cell yang akan sangat membantu dalam penghitungan data secara otomatis. Namun sering kali cara membuat formula cell di Excel masih menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian orang.

Cara Membuat Formula Cell Sederhana Di Excel 2013

Berikut adalah tahapan cara membuat formula cell sederhana di Excel 2013.

1. Tentukan Letak Cell

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat formula pada cell adalah menentukan letak cell. Cell ini adalah tempat atau yang akan kita gunakan untuk membuat formula. Setiap cell di Excel memiliki alamat unik berupa kombinasi huruf dan angka, yang terdiri dari nama kolom pada bagian horizontal dan nomor baris pada bagian vertikal. Sebagai contoh, A1 merupakan alamat cell pada kolom A dan baris 1.

2. Tulis Formula

Setelah menentukan letak cell yang akan digunakan, saatnya kita menuliskan formula. Setiap formula pada Excel dimulai dengan tanda sama dengan (=). Tanda ini menunjukkan kepada Excel bahwa kita akan melakukan suatu perhitungan pada cell yang dipilih. Pada contoh ini, kita akan menggunakan formula sederhana berupa penjumlahan. Kita akan menuliskan formula “=(A2+B2)” pada cell C2.

Cara Membuat Split Cell Di Excel 2013

Setelah menuliskan formula, kita perlu menekan tombol enter pada keyboard. Dengan menekan tombol enter, maka hasil perhitungan akan terlihat pada cell yang telah ditentukan.

Cara Menggabungkan Cell (Merge) pada MS Word 2013

Teknik penggabungan atau merge cell merupakan hal yang sangat diperlukan dalam dokumen Word. Merge cell memungkinkan kita untuk menggabungkan dua atau lebih cell menjadi satu cell yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan. Selain menggunakan penggabungan cell, kita juga dapat membagi cell menjadi dua atau lebih cell yang lebih kecil. Berikut adalah cara menggabungkan cell pada Microsoft Word 2013.

1. Pilih Cell Yang Akan Dicombine

Pada dokumen Word, blok cell yang akan digabungkan. Pilih cell yang di samping kiri dan atas. Pilih bagian atas dan bawah.

2. Merge Cell

Setelah memilih cell, baru klik kanan pada cell tersebut dan pilih Merge Cells.

Cara Menggabungkan Cell (Merge) pada MS Word 2013

4 Cara Split Dokumen di Microsoft Excel

Ketika kita berurusan dengan dokumen Excel dengan banyak data kolom, seringkali kita perlu untuk membagi cell atau table menjadi beberapa bagian. Secara default, Excel dilengkapi dengan fitur Split Table yang memungkinkan kita untuk membuat satu tabel menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Berikut adalah cara split dokumen di Microsoft Excel.

1. Membuat Split Table dari Toolbar

Cara yang pertama untuk membuat split table adalah dengan menggunakan toolbar. Caranya adalah dengan memilih sel pada tabel yang akan dipotong. Selanjutnya, klik Split Cells pada menu toolbar.

Baca Juga :  CARA LINK FILE EXCEL KE POWERPOINT

Cara split dokumen di Microsoft Excel

2. Membuat Split Table dari Ribbon Bar

Sama dengan cara sebelumnya, kita juga bisa membuat Split Table dari Ribbon Bar. Caranya adalah dengan memilih sel pada tabel yang akan dipotong dan klik pada ikon Split pada Ribbon bar.

Cara Nak Membuat Link Antar Cell Di Excel

Link cell dalam Excel merupakan fitur yang cukup bermanfaat jika kita ingin menyusun dokumen dengan banyak data dan dapat terhubung antar cell dengan mudah. Dalam banyak kasus, kita seringkali harus memperbarui beberapa cell di dokumen sekaligus. Jika kita memiliki beberapa cell yang terhubung, maka kita dapat memperbarui cell tersebut secara otomatis.

1. Copy Link Cell

Salin link untuk cell yang akan ditautkan dengan cara menekan tombol CTRL+C pada keyboard atau klik kanan pada sel dan pilih copy.

2. Paste Link Cell

Tempatkan cursor pada cell tujuan, lalu klik kanan dan pilih Paste. Pada menu Paste, pilih Paste Link.

Cara Nak Membuat Link Antar Cell Di Excel - ReesemcyHerrera

FAQ

1. Apa itu Excel dan apa kegunaannya?

Excel adalah aplikasi pengolah angka yang digunakan untuk menganalisa, mengelola, dan mengolah data. Excel sangat handal dan populer digunakan oleh hampir semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pengusaha, dan bahkan hingga karyawan perkantoran.

2. Apa itu merge cell dan apa kegunaannya?

Merge cell adalah teknik penggabungan cell pada dokumen Word atau Excel. Merge cell memungkinkan kita untuk menggabungkan dua atau lebih cell menjadi satu cell yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial cara membuat formula cell sederhana di Excel 2013.