Cara Membuat Rumus If Jika Di Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet paling populer di dunia saat ini. Aplikasi ini digunakan untuk mengelola data dan informasi secara efektif dan efisien. Tidak hanya itu, Microsoft Excel juga dilengkapi dengan banyak keunggulan, salah satunya adalah kemampuan untuk menghitung menggunakan rumus. Aplikasi ini merupakan solusi terbaik bagi mereka yang ingin menghitung data secara mudah. Selain itu, Excel juga menyediakan berbagai macam rumus yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Membuat Rumus IF di Microsoft Excel

Membuat rumus di Excel bisa menjadi sesuatu yang menantang bagi sebagian orang. Namun sebenarnya, membuat rumus di Excel cukup mudah, terutama rumus IF. Berikut ini adalah cara membuat rumus IF di Microsoft Excel:

  • Klik pada sel tempat Anda ingin menampilkan hasil dari rumus IF
  • Ketik =IF( kemudian masukan kriteria/parameter/fungsi pada rumus IF, kemudian masukan nilai jika benar, kemudian masukan nilai jika salah)
  • Tekan Enter pada keyboard

Contoh:

Jangan lupa memberikan judul

Cara Membuat Rumus If Jika Di Excel

Contoh kita akan membuat rumus IF untuk menghitung apakah siswa tersebut lulus atau tidak. Jika nilai lebih besar atau sama dengan 70 maka siswa tersebut lulus, jika tidak maka siswa tersebut tidak lulus. Berikut rumusnya:

=IF(A1>=70, “Lulus”, “Tidak Lulus”)

Cara Menggunakan Rumus IF Gabungan di Microsoft Excel

Rumus IF gabungan atau nested IF merupakan cara yang baik untuk mengevaluasi beberapa kondisi. Dengan menggunakan rumus IF gabungan, Anda dapat menentukan beberapa kondisi dan mengambil keputusan berdasarkan hasil dari evaluasi tersebut. Berikut ini adalah cara menggunakan rumus IF gabungan di Microsoft Excel:

  • Klik pada sel tempat Anda ingin menampilkan hasil dari rumus IF gabungan
  • Ketik =IF( kemudian masukan kriteria/parameter/fungsi pada rumus IF pertama, kemudian masukan nilai jika benar, kemudian masukan rumus IF kedua jika salah)
  • Ketik kembali rumus IF pada kondisi kedua
  • Tekan Enter pada keyboard

Contoh:

Jangan lupa memberikan judul

cara menggunakan rumus IF gabungan di Microsoft Excel

Sekarang kita akan membuat rumus IF gabungan pada kelas A dan B. Berikut rumus yang harus Anda ketik:

=IF(A1>=70, “Lulus”, IF(B1>=70, “Lulus”, “Tidak Lulus”))

Dalam rumus di atas, Excel akan mengevaluasi apakah nilai di kelas A sudah lebih dari 70. Jika YA, Excel akan menampilkan “Lulus” pada sel yang Anda klik, jika tidak, maka Excel akan mengevaluasi nilai di kelas B dengan rumus IF kedua. Jika nilai di kelas B lebih besar atau sama dengan 70, maka Excel akan menampilkan “Lulus” pada sel tempat Anda menghapus rumus, jika tidak, maka Excel akan menampilkan “Tidak Lulus”.

FAQ

Q: Apa itu Microsoft Excel?

A: Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang digunakan untuk mengelola data dan informasi secara efektif dan efisien.

Q: Apa saja keunggulan dari Microsoft Excel?

A: Salah satu keunggulan Microsoft Excel adalah kemampuan untuk menghitung secara efektif dan efisien menggunakan rumus.

Baca Juga :  CARA MEMINDAHKAN FILE EXCEL KE ANDROID