Cara Membuat Rumus Akuntansi Di Excel

Pilar Artikel: Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Excel

Menjaga keuangan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Dalam menjaga keuangan, laporan keuangan menjadi salah satu bagian yang tidak bisa diabaikan. Laporan keuangan berisi informasi tentang pendapatan dan pengeluaran yang terjadi dalam suatu periode tertentu. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka kita dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengelola keuangan kita.

Namun, membuat laporan keuangan tidaklah mudah, terutama jika dilakukan secara manual. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat laporan keuangan dengan Excel.

Pertama-tama, kita perlu memahami apa itu Excel. Excel adalah program spreadsheet yang digunakan untuk mengorganisir, menganalisa, dan menghitung data. Dengan menggunakan Excel, kita dapat membuat laporan keuangan yang lebih efisien dan akurat.

Langkah 1: Membuat Heading

Heading merupakan bagian awal dari laporan keuangan yang berisi informasi dasar tentang laporan keuangan yang dibuat. Dalam membuat heading, kita dapat menggunakan cell A1 hingga H1 dengan menggunakan teks center.

Setelah kita menentukan posisi cell yang akan digunakan sebagai heading, kita dapat memasukkan teks yang sesuai dengan informasi yang akan disampaikan. Misalnya, pada cell A1 kita bisa menuliskan nama perusahaan, pada cell B1 kita bisa menuliskan judul laporan keuangan, dan seterusnya.

Langkah 2: Membuat Table

Table merupakan bagian penting dari laporan keuangan yang akan berisi informasi tentang pendapatan dan pengeluaran yang terjadi dalam suatu periode tertentu. Untuk membuat table, kita dapat menggunakan cell A2 hingga G2 sebagai heading untuk setiap kolom pada table.

Setelah itu, kita dapat memulai dengan menuliskan informasi pendapatan dan pengeluaran pada cell A3 hingga G3. Kemudian, kita dapat memasukkan data pendapatan pada cell A4 hingga G4 dan data pengeluaran pada cell A5 hingga G5.

Langkah 3: Menghitung Total Pendapatan dan Pengeluaran

Setelah kita memasukkan data pendapatan dan pengeluaran, selanjutnya kita perlu menghitung total pendapatan dan pengeluaran yang terjadi dalam suatu periode tertentu. Untuk menghitung total pendapatan, kita dapat menggunakan formula SUM pada cell D4, sedangkan untuk menghitung total pengeluaran, kita dapat menggunakan formula SUM pada cell D5.

Langkah 4: Menentukan Laba atau Rugi

Setelah kita menghitung total pendapatan dan pengeluaran, selanjutnya kita dapat menentukan laba atau rugi yang dihasilkan selama periode tersebut. Untuk menentukan laba atau rugi, kita dapat menggunakan formula SUBTOTAL pada cell D6.

Jika hasilnya positif, maka kita mendapatkan laba, sedangkan jika hasilnya negatif, maka kita menanggung kerugian.

Langkah 5: Membuat Grafik

Grafik dapat membantu kita untuk lebih memvisualisasikan informasi yang terdapat pada laporan keuangan. Untuk membuat grafik, kita perlu memilih data yang akan digunakan pada grafik. Setelah itu, kita dapat menggunakan menu Insert pada Excel dan memilih grafik yang diinginkan.

Setelah kita berhasil membuat grafik, grafik tersebut dapat ditambahkan ke dalam laporan keuangan sebagai tambahan informasi.

FAQ

1. Apakah Excel hanya bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan?

Tidak. Excel dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat grafik, tabel, menghitung data, dsb.

2. Bagaimana cara menambahkan gambar pada laporan keuangan Excel?

Untuk menambahkan gambar pada laporan keuangan Excel, kita dapat menggunakan menu Insert pada Excel dan memilih Picture. Setelah itu, kita dapat memilih gambar yang ingin ditambahkan pada laporan keuangan dan menyesuaikan ukuran gambar sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT SINGKATAN DI EXCEL DAN BERUBAH PANJANG

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial singkat tentang cara membuat laporan keuangan dengan Excel:
[youtube video_id=”EaTOK85lKMU”]

Kesimpulan

Dengan menggunakan Excel, pembuatan laporan keuangan dapat menjadi lebih efisien dan akurat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan kita dapat membuat laporan keuangan dengan mudah dan tepat. Selain itu, kita juga dapat menambahkan grafik dan gambar pada laporan keuangan untuk memvisualisasikan informasi yang terkandung dalam laporan keuangan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat!