Cara Membuat Project Ms Excel

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel. Salah satu software terpopuler di dunia ini digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat tabel, mengelola proyek, membuat laporan keuangan, dan banyak lagi. Namun, apakah kalian sudah tahu bahwa Excel juga bisa digunakan untuk membuat Gantt Chart atau jadwal proyek? Atau menambahkan watermark pada lembar kerja Excel? Yuk, simak cara membuat Gantt Chart dan Watermark di Excel serta berbagai kegunaannya yang dapat mempermudah aktivitas sehari-hari.

Cara Membuat Gantt Chart di Excel

Sebelum kita membahas cara membuat Gantt Chart, tahukah kalian apa itu Gantt Chart? Gantt Chart adalah sebuah diagram yang terdiri dari dua sumbu, yaitu sumbu waktu dan sumbu tugas. Sumbu waktu menunjukkan rentang waktu proyek, sedangkan sumbu tugas menunjukkan daftar tugas yang harus dilakukan selama proyek berlangsung. Gantt Chart sering digunakan pada proyek yang melibatkan banyak tugas dan sumber daya untuk memudahkan pengaturan jadwal.

Nah, untuk membuat Gantt Chart di Excel, kita perlu mengikuti beberapa tahap berikut ini:

Langkah 1: Siapkan data tugas

Pertama-tama, tentukan semua tugas yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. Contohnya, kita memiliki proyek pembuatan website dengan beberapa tugas seperti merancang tampilan website, mengembangkan fitur-fitur website, dan melakukan tes pada website. Setelah kita menentukan tugas-tugas tersebut, kita perlu menentukan durasi masing-masing tugas. Contohnya, tugas merancang tampilan website akan memerlukan waktu 5 hari kerja.

Langkah 2: Buat tabel jadwal

Setelah menentukan tugas dan durasi setiap tugas, kita perlu membuat tabel jadwal pada Excel. Klik Insert pada menu Excel, lalu pilih tabel dan berikan nama pada tabel tersebut. Setelah itu, pilih kolom A dan ketik nama-nama tugas. Pada baris pertama, pilih kolom awal waktu dan kolom akhir waktu untuk setiap tugas.

Langkah 3: Buat grafik Gantt Chart

Setelah membuat tabel jadwal, kita perlu membuat grafik Gantt Chart pada tabel tersebut. Pilih kolom waktu pada tabel, lalu klik Insert pada menu Excel dan pilih grafik Gantt Chart. Pilih tipe grafik yang ingin digunakan dan atur parameter grafik seperti format tanggal dan waktu.

Dengan melakukan tahapan-tahapan di atas, kita berhasil membuat Gantt Chart di Excel. Gantt Chart ini dapat mempermudah kita dalam mengatur jadwal pada proyek dan memastikan setiap tugas dijalankan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Cara Membuat Watermark di Excel

Selain membuat Gantt Chart, Excel juga dapat digunakan untuk menambahkan watermark pada lembar kerja. Watermark biasanya berupa gambar atau teks yang diletakkan di belakang teks utama dan berfungsi sebagai latar belakang untuk membuat dokumen terlihat lebih menarik. Berikut adalah tahapan-tahapan untuk menambahkan watermark di Excel:

Langkah 1: Siapkan gambar atau teks watermark

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan gambar atau teks yang akan digunakan sebagai watermark. Gambar dan teks yang digunakan biasanya berkaitan dengan isi dokumen atau brand. Misalnya, kita ingin menambahkan watermark berupa logo perusahaan atau tulisan “Confidential” pada lembar kerja.

Langkah 2: Pilih background lembar kerja

Setelah gambar atau teks watermark siap, kita perlu memilih background lembar kerja di Excel. Klik tab Page Layout pada menu Excel, lalu pilih Sheet Background.

Baca Juga :  CARA MENGATASI FILE EXCEL YANG LAMBAT

Langkah 3: Masukkan gambar atau teks watermark

Setelah memilih background lembar kerja, kita perlu memasukkan gambar atau teks watermark. Untuk gambar, klik Insert pada menu Excel dan pilih gambar watermark yang ingin digunakan. Untuk teks, klik Insert pada menu Excel dan pilih teks box, lalu ketikkan teks yang ingin digunakan.

Langkah 4: Atur transparansi

Setelah memasukkan gambar atau teks watermark, perlu diatur transparansi agar tidak terlalu dominan pada lembar kerja. Klik gambar atau teks watermark, lalu pilih Format pada menu Excel dan tentukan tingkat transparansi sesuai kebutuhan.

Dengan menambahkan watermark pada lembar kerja, kita dapat membuat dokumen terlihat lebih menarik dan professional. Selain itu, watermark juga dapat membantu mencegah pencetakan dokumen tanpa izin dan membuat dokumen sulit di-copy.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa kegunaan Gantt Chart di Excel?

Jawaban: Gantt Chart dapat membantu kita dalam mengatur jadwal pada proyek dan memastikan setiap tugas dijalankan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dengan Gantt Chart, kita dapat melihat proyek secara keseluruhan dan mengidentifikasi tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu atau tugas mana yang memerlukan lebih banyak waktu.

Pertanyaan 2: Apa manfaat menambahkan watermark pada lembar kerja Excel?

Jawaban: Watermark dapat membantu mencegah pencetakan dokumen tanpa izin dan membuat dokumen sulit di-copy. Selain itu, watermark dapat membuat dokumen terlihat lebih menarik dan professional.

Untuk lebih jelasnya, simak video tutorial cara membuat Gantt Chart dan Watermark di Excel berikut ini: