Cara Membuat Program Print Sederhana Dengan Excel 2013

Belakangan ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk belajar mengolah data dengan menggunakan Microsoft Excel. Tapi, terkadang ada beberapa hal yang masih membingungkan, seperti cara membuat print area di Excel atau cara mencetak 4 halaman dalam 1 lembar.

Contoh Aplikasi Laporan Keuangan Excel

Cara Membuat Program Print Sederhana Dengan Excel 2013

Untuk membantu lebih memahami cara kerja Excel, berikut ini kami menyajikan contoh aplikasi laporan keuangan Excel yang bisa dijadikan referensi untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan Anda.

Cara Membuat Print Area di Excel

Cara Membuat Print Area di Excel

Bagi sebagian orang, mencetak area tertentu pada Microsoft Excel dapat menjadi suatu kebutuhan yang penting, terutama jika data yang sudah diolah sangat banyak. Nah, berikut ini adalah panduan lengkap cara membuat print area di Excel:

  1. Pilih area yang ingin dicetak. Anda bisa melakukan ini dengan mengklik salah satu cell dan menahan tombol mouse hingga area yang diinginkan terpilih.
  2. Kemudian, klik kanan pada area yang sudah terpilih dan pilih Print Area di pop-up menu.
  3. Selanjutnya, pilih Print Area lagi dan pilih Set Print Area pada pop-up menu yang muncul.
  4. Setelah itu, Anda bisa mencetak area yang sudah dipilih dengan cara klik File>Print atau menekan tombol keyboard Ctrl+P.

Cara Mencetak 4 Halaman Dalam 1 Lembar di Excel

Cara Mencetak 4 Halaman Dalam 1 Lembar di Excel

Terkadang, saat mencetak dokumen Excel, halaman yang tercetak menjadi sangat banyak, sehingga membutuhkan kertas yang banyak juga. Untuk menghemat kertas, ada sebuah trik yang bisa dilakukan yaitu mencetak 4 halaman dalam 1 lembar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih File>Print atau menekan tombol keyboard Ctrl+P.
  2. Atur Margins menjadi Custom Margins.
  3. Pada menu Pages, pilih lembar kosong (blank page).
  4. Kemudian, ganti Sheet options menjadi From: 1 To: 4, dan Orientation menjadi Landscape.
  5. Tekan OK, kemudian klik Print untuk mulai mencetak.

FAQ

1. Apakah Excel hanya bisa digunakan untuk keperluan bisnis?

Tidak. Microsoft Excel adalah salah satu program yang sangat serbaguna dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pengelolaan keuangan pribadi, pembuatan jadwal, atau bahkan untuk membuat game sederhana.

2. Apakah ada sumber belajar Excel yang bagus?

Tentu saja. Ada banyak sekali sumber belajar Excel yang tersedia secara gratis di internet, seperti tutorial video di YouTube, website belajar seperti Udemy atau Coursera, atau blog khusus belajar Excel. Cobalah mencari sumber belajar yang cocok dengan kebutuhan Anda dan lakukan secara konsisten, maka kemampuan Excel Anda akan semakin meningkat.

Demikianlah beberapa tips dan trik seputar Microsoft Excel yang bisa membantu memudahkan pengolahan data dan mencetak dokumen. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  CARA BUAT M3U DI EXCEL