cara membuat order di excel Garis menghilangkan tabel menghapus judul muncul blok semutimut batas baris menutup otomatis rumus hilang sheet1 menulis komputer nomor dihilangkan garisnya

Sebagai seorang profesional dalam dunia bisnis, membuat purchase order merupakan hal yang wajib dilakukan. Purchase order adalah dokumen yang berisi pesanan barang atau jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada supplier atau vendor. Dokumen ini sangat penting karena berfungsi sebagai bukti transaksi yang sah dan sebagai pegangan dalam melakukan verifikasi terhadap pembayaran yang dilakukan.

Namun, tidak semua orang dapat membuat purchase order dengan mudah dan akurat. Beberapa orang bahkan masih bingung cara membuat purchase order yang baik dan benar. Oleh karena itu, pada artikel ini saya ingin membahas cara membuat purchase order dengan menggunakan Microsoft Excel. Dalam panduan ini, saya juga akan memberikan contoh-contoh pembuatan purchase order yang dapat membantu Anda membuat purchase order dengan tepat.

Cara Membuat Purchase Order di Microsoft Excel

Untuk membuat purchase order di Microsoft Excel, langkah-langkahnya cukup mudah. Berikut ini adalah panduan cara membuat purchase order di Microsoft Excel:

  1. Buka Microsoft Excel dan buat lembar baru.
  2. Buat beberapa kolom pada lembar kerja yang baru, seperti nama barang, deskripsi barang, jumlah barang, dan harga barang.
  3. Dalam kolom nama barang, masukkan nama barang yang ingin Anda pesan.
  4. Dalam kolom deskripsi barang, masukkan deskripsi barang yang ingin Anda pesan.
  5. Dalam kolom jumlah barang, masukkan jumlah barang yang ingin Anda pesan. Pastikan jumlah barang yang Anda minta sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Dalam kolom harga barang, masukkan harga per unit barang yang ingin Anda pesan.
  7. Hitung total harga dengan menggunakan formula: =jumlah barang * harga barang.
  8. Tambahkan kolom untuk jumlah total harga. Kolom ini harus berada di sebelah kanan kolom harga barang.
  9. Simpan lembar kerja sebagai file Excel untuk keperluan selanjutnya.

Contoh Pembuatan Purchase Order di Microsoft Excel

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pembuatan purchase order di Microsoft Excel, berikut ini adalah contoh pembuatan purchase order untuk memesan produk dari supplier.

Contoh Pemesanan Produk A

Nama Barang
Deskripsi Barang
Jumlah Barang
Harga Barang
Total Harga
Produk A
Deskripsi Produk A
10 unit
Rp 10.000.000,-
Rp 100.000.000,-

Contoh Pemesanan Produk B

Nama Barang
Deskripsi Barang
Jumlah Barang
Harga Barang
Total Harga
Produk B
Deskripsi Produk B
5 unit
Rp 20.000.000,-
Rp 100.000.000,-

Dalam contoh-contoh di atas, Anda dapat melihat bahwa kami telah membuat kolom-kolom khusus untuk nama barang, deskripsi barang, jumlah barang, harga barang, dan total harga. Dengan memasukkan informasi ini dengan benar, Anda dapat membuat purchase order yang akurat dan mudah dipahami oleh pihak supplier.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa itu purchase order dan mengapa penting?

Jawaban: Purchase order adalah dokumen yang berisi pesanan barang atau jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada supplier atau vendor. Dokumen ini sangat penting karena berfungsi sebagai bukti transaksi yang sah dan sebagai pegangan dalam melakukan verifikasi terhadap pembayaran yang dilakukan.

Pertanyaan 2: Apa keuntungan menggunakan Microsoft Excel untuk membuat purchase order?

Jawaban: Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah angka yang paling populer. Dengan menggunakan Excel, Anda dapat membuat purchase order secara cepat dan mudah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rumus-rumus matematis pada Excel untuk menghitung total harga, diskon, pajak, dan lainnya. Dengan menggunakan Excel, Anda dapat membuat purchase order yang akurat dan mudah diupdate sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga :  CARA AMBIL DATA DBF PADA MS EXCEL

Video Panduan Membuat Purchase Order di Excel

Untuk memberikan informasi lebih lengkap tentang cara membuat purchase order di Microsoft Excel, berikut ini adalah video panduan yang dapat membantu Anda memahami langkah-langkahnya lebih baik:

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat purchase order dengan tepat dan akurat.

If you are looking for Cara Membuat Purchase Order di Excel – Ilmu Kapal dan Logistik you’ve visit to the right web. We have 5 Images about Cara Membuat Purchase Order di Excel – Ilmu Kapal dan Logistik like Famous Cara Membuat Purchase Order Di Excel Ideas – Pojok Ponsel, Cara Membuat Purchase Order di Excel – Ilmu Kapal dan Logistik and also Cara Membuat Purchase Order di Excel – Ilmu Kapal dan Logistik. Read more:

Cara Membuat Purchase Order Di Excel – Ilmu Kapal Dan Logistik

cara membuat order di excel Garis menghilangkan tabel menghapus judul muncul blok semutimut batas baris menutup otomatis rumus hilang sheet1 menulis komputer nomor dihilangkan garisnya

www.kapaldanlogistik.com

Famous Cara Membuat Purchase Order Di Excel Ideas – Pojok Ponsel

Famous Cara Membuat Purchase Order Di Excel Ideas - Pojok Ponsel

pojokponsel.com

Cara Membuat Purchase Order Di Microsoft Excel – Ade Karyadi

Cara Membuat Purchase Order di microsoft excel - Ade Karyadi

adekaryadi.blogspot.com

Cara Membuat Purchase Order Akurat Beserta Contoh Real – Ginee

Cara Membuat Purchase Order Akurat beserta Contoh Real - Ginee

ginee.com

Cara Menghilangkan Garis Di Microsoft Excel [+Gambar] – SemutImut

Cara Menghilangkan Garis di Microsoft Excel [+Gambar] - SemutImut

www.semutimut.com

garis menghilangkan tabel menghapus judul muncul blok semutimut batas baris menutup otomatis rumus hilang sheet1 menulis komputer nomor dihilangkan garisnya

Cara menghilangkan garis di microsoft excel [+gambar]. Cara membuat purchase order di microsoft excel. Famous cara membuat purchase order di excel ideas