Cara Membuat Kolom Excel Berkedip

Meluasnya penggunaan Microsoft Excel sebagai alat pengolah data dan presentasi yang tepat membuatnya menjadi sangat populer di kalangan bisnis dan individual. Namun, masih banyak pengguna Excel yang belum memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan oleh alat ini. Sebagai contoh, Anda mungkin belum pernah mencoba membuat kolom excel berkedip atau mengunci kolom di header. Padahal, aplikasi Excel ini menyediakan banyak fitur yang bisa Anda pelajari untuk meningkatkan efisiensi dalam mengelola data dan meningkatkan keterampilan Anda dalam pengolahan data.

Di artikel ini, akan dibahas fitur-fitur khusus Microsoft Excel yang akan membantu Anda mempercepat waktu dalam mengolah data, mencapai tujuan Anda secara lebih efektif, serta meningkatkan produktivitas Anda. Selain itu, akan dijelaskan cara membuat kolom excel berkedip, mengunci kolom di header dan cara membuat kolom di Excel.

Mari simak beberapa tips Excel yang membantu meningkatkan efisiensi kerja Anda dengan Microsoft Excel:

1. Menjumlahkan Angka Dalam Range Berdasarkan Nama Bulan Dengan Rumus

Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan penjumlahan data dalam sebuah tabel Excel berdasarkan bulan. Caranya sangat mudah, yaitu:

– Masukkan rumus =SUMIF(D:D,”Jan”,E:E) di sel terakhir yang kosong di kolom E.
– Ganti kata “Jan” dengan nama bulan yang ingin Anda jumlahkan.
– Ulangi langkah di atas untuk setiap bulan yang ingin Anda jumlahkan.

2. Cara Membuat Kolom Excel Besarnya Sesuai Tulisan Di Tulisan Di

Jika Anda ingin membuat ukuran kolom Excel sesuai dengan jumlah karakter dalam setiap sel, maka cukup lakukan langkah-langkah berikut:

– Klik kolom yang ingin Anda sesuaikan lebarnya.
– Klik tombol right-click, lalu pilih “Column Width” pada menu drop-down.
– Atur lebar kolom yang Anda inginkan berdasarkan jumlah karakter, lalu klik “OK”.

3. Cara Membuat Kolom Excel Berkedip

Ini adalah salah satu trik tipikal yang menarik dan efektif. Pertama-tama, buatlah data pada kolom A dan letakkan kursor pada kolom B. Kemudian, tekan CTRL+F3 dan pilih “New” pada aplikasi “Name Manager”. Masukkan “Blinker” pada kotak “Name” dan “=IF(SECOND(NOW())>=30,A1,””)” pada bagian “Refers to”. Kemudian, klik “OK” dan tekan mouse kanan pada kolom B, kemudian pilih “Conditional Formatting”. Kemudian, pilih “Use a formula to determine which cells to format”. Masukkan “=Blinker” pada ruang kosong, lalu klik “OK”.

4. Cara Mengunci atau Membekukan Kolom di Excel Header

Ketika Anda mengerjakan sebuah tabel besar di Excel, seringkali Anda perlu mengunci kolom-kolom tertentu di header agar tidak hilang saat Anda menggulirkan tabel. Berikut adalah cara-cara mengunci kolom di Excel:

– Pertama, klik tanda kotak di antara kolom dan baris pada header di sebelah kiri atas tabel.
– Setelah itu, pilih “Freeze Panes” dari menu drop-down.
– Setelah itu, Anda bisa menggulirkan tabel ke bawah, di mana header tetap terkunci di tempatnya.

FAQ:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menambahkan kolom baru pada tabel Excel yang sudah ada?
Jawaban: Jika Anda ingin menambahkan kolom baru pada tabel Excel Anda, cukup klik pada bari kosong di antara kolom yang sudah ada. Setelah itu, pilih “Insert Column” dari menu drop-down.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menambahkan bilangan beberapa sel di Excel dengan cepat?
Jawaban: Jika Anda ingin menambahkan bilangan beberapa sel di Excel dengan cepat, cukup klik pada sel terakhir yang dipilih dan pilih “AutoSum” dari menu drop-down. Setelah itu, tekan enter dan hasilnya akan muncul dengan cepat.

Baca Juga :  Cara Menampilkan Data Angka Pada Grafik Excell

Untuk lebih jelasnya, simak video tutorial tentang cara membuat kolom excel berkedip di bawah ini: