Cara Membuat Game Aplikasi Dengan Excel 2010

Pilar Utama Dalam Membuat Aplikasi Kasir Dari Excel

Membuat aplikasi kasir dari Excel dapat menjadi solusi bagi para pemilik bisnis yang menginginkan sistem penjualan yang simpel dan hemat biaya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pilar-pilar utama dalam membuat aplikasi kasir dari Excel, termasuk bagaimana cara mengedit data barang, mengambil data secara online, dan menampilkan data dalam bentuk menu.

1. Mengedit Data Barang
Saat membuat aplikasi kasir dari Excel, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan semua data barang yang ingin dijual. Untuk mengedit data barang, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
– Buka Microsoft Excel dan buat file baru
– Buat tabel dengan kolom-kolom yang sesuai, seperti kode barang, nama barang, harga, dan jumlah
– Isi data-data barang ke dalam tabel tersebut
– Atur format tampilan data agar mudah dibaca dan dikelola
– Simpan tabel sebagai file Excel

2. Mengambil Data Secara Online
Setelah data barang berhasil di-input dalam file Excel, langkah selanjutnya adalah mengambil data dari sumber online. Untuk mengambil data online, Anda dapat menggunakan fasilitas koneksi internet yang tersedia, seperti wifi atau jaringan kabel. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
– Buka situs penyedia data barang online, misalnya Tokopedia atau Shopee
– Cari barang yang ingin dijual dan unduh data barangnya, biasanya dalam format CSV atau Excel
– Buka file Excel yang sudah disiapkan sebelumnya dan impor data barang yang sudah diunduh tadi
– Update data agar terintegrasi dengan data yang sudah di-input sebelumnya
– Simpan tabel dengan data yang telah diperbarui

3. Menampilkan Data Dalam Bentuk Menu
Setelah data telah terkumpul, langkah selanjutnya adalah menampilkan data dalam bentuk menu yang menarik dan mudah dimengerti oleh pengguna aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menampilkan data dalam bentuk menu:
– Buatlah tampilan menu yang menarik, misalnya dengan menambahkan ikon atau gambar yang mewakili setiap jenis barang yang dijual
– Tambahkan fungsi tombol-tombol yang memudahkan pengguna untuk mencari barang yang diinginkan, seperti fitur search dan filter berdasarkan harga atau kategori barang
– Buatlah tampilan yang mudah dipahami oleh pengguna, termasuk fitur detail barang dan keranjang belanja
– Simpan aplikasi dan coba untuk menggunakannya sebagai pengguna

FAQ:
1. Apa keuntungan dari membuat aplikasi kasir dari Excel?
Jawaban: Salah satu keuntungan dari membuat aplikasi kasir dari Excel adalah biaya yang lebih hemat dibandingkan dengan membeli software kasir berbayar. Selain itu, pengguna dapat mengontrol dan memodifikasi aplikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

2. Apakah aplikasi kasir dari Excel dapat digunakan secara online?
Jawaban: Ya, aplikasi kasir dari Excel dapat diintegrasikan dengan sumber data online, seperti situs e-commerce atau data produk supplier. Dengan cara ini, data barang akan selalu up-to-date dan terintegrasi dengan aplikasi.

Video Tutorial: Cara Membuat Aplikasi Kasir Dari Excel
Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat aplikasi kasir dari Excel yang dapat membantu Anda memahami langkah-langkah yang sudah dibahas di atas.

Baca Juga :  CARA MERUBAH FILE EXCEL KE PDF OFFLINE

*[Embed video YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=uOCO7VneYww]*