CARA MEMBUAT EXPAND COLLAPSE DI EXCEL

Anda mungkin sering kali memerlukan cara untuk collapse atau expand sesuatu dalam program aplikasi. Begitu pun dalam penggunaan Microsoft Excel, terkadang kita memerlukan fitur tersebut untuk memperluas atau memperpendek persepsi data-data dalam tabel. Nah, dalam artikel ini saya akan memberikan tips dan trik untuk melakukan fitur tersebut pada Excel.

Cara Membuat Collapse Di Excel

Sebelum memulai, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki Microsoft Excel 2010 atau versi yang lebih baru. Secara umum, cara untuk melakukan collapse di Excel adalah sebagai berikut:

  1. Pilih data yang ingin dicollapse (Anda bisa menekan tombol Ctrl + A untuk memilih seluruh data)
  2. Klik pada tab Insert, kemudian pilih Table
  3. Pilih Style tabel yang ingin dibuat
  4. Tabel baru akan muncul pada lembar kerja Excel Anda.
  5. Pilih salah satu dari header kolom dan klik menu collapse pada sebelah kanannya
  6. Kolom akan collapse, sehingga Anda tidak melihat datanya. Jika Anda ingin melihatnya lagi, tekan kembali menu expand

Penting untuk diperhatikan bahwa pada tabel yang telah di-collapse, sebagian data tidak akan tampil pada layar. Namun, Anda tetap dapat melihatnya dengan memperluas kolom kembali.

Cara Membuat Line Spacing Di Microsoft Word 2010

Apakah Anda sedang mempersiapkan skripsi atau tugas akhir? Atau mungkin sedang menulis laporan kerja yang membutuhkan penambahan jarak-baris antara kalimat? Tidak perlu khawatir, beberap trik dan tips berikut akan memandu Anda dalam membuat line spacing di Microsoft Word 2010:

  1. Buka dokumen word yang akan diubah jarak barisnya.
  2. Pilih tool Format, kemudian pilih Paragraph
  3. Akan muncul kotak dialog yang memperlihatkan bagaimana cara memformat paragraph.
  4. Di dalam kotak dialog Paragraph, pilih tab “Indents and Spacing”
  5. Ubah opsi “Line Spacing” dari “Single” menjadi “Double”
  6. Klik OK dan line spacing pada dokumen Anda berubah.
Baca Juga :  Cara Menerjakan Data Pivot Excel

Sekarang dokumen Anda memiliki jarak baris antara paragraf dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya, yang memudahkan pembaca untuk membacanya.

FAQ

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan collapse dan expand pada Microsoft Excel?

Jawaban: Collapse artinya memperpendek data (misalnya menyembunyikan sub-total dalam sebuah tabel), sedangkan expand artinya memperluas data yang telah dipendekkan (menampilkan sub-total kembali pada tabel tersebut).

Pertanyaan: Apakah yang dimaksud dengan line spacing di Microsoft Word?

Jawaban: Line spacing adalah jarak yang diberikan antara setiap baris teks dalam sebuah dokumen. Dalam Microsoft Word, line spacing bisa diatur antara “Single”, “1.5 lines”, “Double” dan lain-lain.

Bagaimana kabar tutorial tersebut? Apakah Anda menemukannya sangat membantu? Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak cara tentang bagaimana menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word, atau bahkan mempelajari dasar-dasar teknologi, jangan lupa untuk mengecek video Youtube kami di bawah ini!