CARA MEMBUAT APLIKASI PSB MENGGUNAKAN EXCEL

Pilar dalam Membuat Aplikasi Kasir dari Excel

Pembuatan aplikasi kasir dari Excel adalah sebuah proses yang tidak dapat dilakukan dengan mudah. Ada banyak hal yang perlu dipelajari dan diperhatikan agar aplikasi kasir yang dihasilkan dapat diterima oleh pengguna. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa pilar penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan aplikasi kasir dari Excel.

Pilar pertama dalam pembuatan aplikasi kasir dari Excel adalah pemahaman terhadap produk yang akan dihasilkan. Secara umum, aplikasi kasir dari Excel adalah aplikasi kalkulasi untuk membantu proses penjualan pada sebuah toko. Namun, agar aplikasi tersebut dapat dihasilkan dengan baik, maka perlu dipelajari beberapa hal seperti tipe produk, jenis produk, stok produk, dan harga produk.

Tipe produk dalam aplikasi kasir merupakan kategori untuk mengelompokkan produk yang dijual. Tipe produk ini dapat dipersonalisasikan sesuai dengan keinginan pengguna sehingga dapat mempermudah dalam mengelompokkan produk yang dijual. Jenis produk dalam aplikasi kasir merupakan jenis dari produk yang dijual seperti kebutuhan sehari-hari atau barang elektronik.

Stok produk adalah kuantitas barang yang tersedia dalam toko yang digunakan oleh lebih untuk memastikan ketersediaan barang yang dijual. Harga produk merupakan harga dari produk yang dijual yang menentukan berapa uang yang harus dibayarkan oleh pelanggan.

Setelah memahami produk yang akan dihasilkan, pilar berikutnya adalah perencanaan aplikasi. Perencanaan ini penting untuk memastikan bahwa aplikasi kasir yang dihasilkan dapat berfungsinya dengan baik. Ada dua aspek utama yang harus diperhatikan dalam perencanaan aplikasi, yaitu desain interface dan fungsionalitas aplikasi.

Desain interface dalam aplikasi kasir berfungsi sebagai tampilan visual dari aplikasi yang akan dibuat. Tampilan ini harus menarik perhatian pengguna dan mudah digunakan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam desain interface adalah warna, bentuk, ukuran, dan font. Warna yang digunakan harus memiliki konsistensi dan cocok dengan tema toko. Bentuk dan ukuran tampilan juga harus mudah dilihat oleh pengguna. Font yang digunakan harus mudah dibaca oleh pengguna untuk memudahkan mengakses informasi pada aplikasi.

Fungsionalitas aplikasi adalah hal yang paling penting dalam pembuatan aplikasi kasir. Aplikasi kasir haruslah dapat menjalankan fungsinya yaitu menghitung total harga belanja dan mengurangi jumlah stok barang saat penjualan dilakukan. Selain itu, aplikasi kasir juga harus dapat menyimpan catatan penjualan kita serta dapat menghasilkan laporan keuangan dan statistik penjualan. Semua ini menjadi kunci utama agar toko menjadi lebih efektif dalam manajemen penjualan dan menghindari kasus-kasus over-stock dan under-stock.

Setelah menjalankan tahap perencanaan aplikasi, pilar selanjutnya dalam pembuatan aplikasi kasir dari Excel adalah pengembangan aplikasi. Tahap ini mengarah pada pembuatan kode program yang akan mengimplementasikan ketentuan dalam aplikasi kasir. Ada beberapa bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi kasir dari Excel, seperti VBA dan Excel Macro.

VBA (Visual Basic for Applications) dan Excel Macro adalah bahasa pemrograman yang dibentuk dari standar Microsoft Visual Basic. Keduanya memungkinkan pengguna untuk membuat kode yang ditampilkan dalam sebuah mesin Microsoft Excel, sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi kasir dari Excel dengan mudah.

Setelah aplikasi kasir telah berhasil dibuat, pilar selanjutnya adalah testing dan maintenance aplikasi. Testing aplikasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi kasir yang dibuat telah berfungsi dengan baik sesuai dengan desain interface dan fungsionalitas aplikasi yang sudah dibuat pada tahap perencanaan.

Baca Juga :  CARA MENGEMBALIKAN FILE YG BELUM TERSIMPAN DI EXCEL

Apabila ditemukan cela pada aplikasi tersebut maka perlu dilakukan perbaikan dan maintenance aplikasi. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki bug yang ada, meningkatkan fungsionalitas aplikasi, atau menambahkan fitur baru untuk aplikasi kasir yang dibuat.

FAQ:

1. “Apakah aplikasi kasir dari Excel dapat digunakan pada semua sistem operasi?”

Aplikasi kasir dari Excel dapat digunakan pada sistem operasi Windows dan macOS. Namun, aplikasi ini tidak dapat digunakan pada sistem operasi Android atau iOS.

2. “Apakah ada tutorial pembuatan aplikasi kasir dari Excel yang dapat diakses secara online?”

Ya, ada banyak tutorial pembuatan aplikasi kasir dari Excel yang dapat diakses secara online, baik yang gratis maupun berbayar. Salah satu contohnya adalah tutorial di kanal Youtube “Belajar Excel Dasar” yang membahas tutorial pembuatan aplikasi kasir dari Excel dalam beberapa part video.