Cara Membuat Aplikasi Hitungan Dengan Excel 2013

Perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk membuat aplikasi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Dengan aplikasi, kita dapat melaksanakan tugas-tugas secara lebih mudah dan efisien. Salah satu alat yang dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi adalah Microsoft Excel. Excel memiliki banyak fitur dan fungsi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis aplikasi. Mulai dari yang simpel sampai kompleks bisa dilakukan dengan Excel.

1. Cara Membuat Aplikasi Hitungan Dengan Excel 2013

Cara Membuat Aplikasi Hitungan Dengan Excel 2013

Jika Anda ingin membuat aplikasi hitungan sederhana, Excel bisa menjadi pilihan yang tepat. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel. Pilih menu File – New – Blank workbook.
  2. Pada worksheet yang baru, buat tabel dengan mengetikkan judul, misalnya “Data Aplikasi Hitungan”, dan mengisi data yang diperlukan oleh aplikasi hitungan Anda.
  3. Setelah tabel selesai dibuat, pilih sel tabel yang ingin dihitung.
  4. Pilih menu Formulas – Define Names. Beri nama untuk sel tersebut, misalnya “Total”.
  5. Pilih salah satu sel kosong di worksheet, dan ketikkan formula untuk melakukan perhitungan. Misalnya, untuk menghitung total sel yang sudah diberi nama, kita cukup mengetikkan formula =SUM(Total)
  6. Setelah formula selesai ditulis, tekan Enter pada keyboard. Maka hasil perhitungan akan muncul pada sel tersebut.

2. 5 Cara Membuat Aplikasi Yang Kalian Inginkan Dengan Mudah

5 Cara Membuat Aplikasi Yang Kalian Inginkan Dengan Mudah

Selain membuat aplikasi hitungan, Excel juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang lebih kompleks. Berikut ini beberapa cara untuk membuat aplikasi dengan mudah:

  • Gunakan fitur Macros: Fitur Macros pada Excel memungkinkan kita untuk merekam serangkaian tindakan yang sering dilakukan dan menjalankannya kembali secara otomatis. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat membuat aplikasi yang mengotomatisasi beberapa proses dan tindakan yang sering dilakukan, sehingga bisa menghemat waktu dan energi dalam melaksanakan tugas.
  • Gunakan fitur PivotTable: Fitur PivotTable memungkinkan kita untuk mengolah data dalam bentuk pivot table, yaitu tabel yang dapat mengurutkan, menghitung, dan menganalisa data dengan sangat mudah dan efisien. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa membuat aplikasi untuk membuat laporan atau analisa data dengan cepat dan akurat.
  • Gunakan VBA: VBA atau Visual Basic for Applications adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam Excel. Dengan menggunakan VBA, kita dapat membuat aplikasi yang lebih kompleks dan bisa lebih fleksibel dalam melakukan tugas-tugas yang dibutuhkan.
  • Gunakan add-in: Add-in adalah program tambahan yang dapat digunakan untuk memperluas fitur dan kemampuan Excel. Dengan menggunakan add-in, kita bisa membuat aplikasi yang lebih kompleks dan memiliki fitur-fitur tambahan yang tidak ada di Excel standar.
  • Gunakan template: Excel menyediakan banyak template yang sudah jadi dan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan menggunakan template, kita bisa membuat aplikasi dengan lebih cepat dan efisien tanpa perlu membuat dari awal.

3. Cara Membuat Kotak Pesan Informasi Jumlah Rumus di Suatu File/Workbook

Cara Membuat Kotak Pesan Informasi Jumlah Rumus di Suatu File/Workbook

Jika kita ingin mengetahui jumlah rumus atau formula yang digunakan di suatu file atau workbook, kita bisa membuat kotak pesan informasi dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih salah satu sel di worksheet, dan klik kanan mouse. Pilih menu cell – Define Name. Beri nama untuk sel yang dipilih, misalnya “TotalRumus”.
  2. Buka Visual Basic Editor dengan menekan tombol Alt + F11.
  3. Pada jendela Project, pilih ThisWorkbook.
  4. Ketikkan kode VBA berikut:
  5.         
    Private Sub Workbook_Open()
        Dim rumus As Long
        rumus = Application.WorksheetFunction.CountA(ThisWorkbook.Names("TotalRumus").RefersToRange.Formula)
        MsgBox "Jumlah rumus di workbook ini: " & rumus, vbInformation, "Info"
    End Sub
            
        
  6. Setelah kode selesai ditulis, simpan dan tutup Visual Basic Editor.
  7. Simpan file atau workbook yang akan digunakan.
  8. Jika file atau workbook tersebut dibuka, maka kotak pesan informasi jumlah rumus akan muncul.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT ABC DI EXCEL

4. Aplikasi Excel Data Pejabat – ExcelManiacs

Aplikasi Excel Data Pejabat - ExcelManiacs

ExcelManiacs adalah situs yang menyediakan berbagai tutorial dan tips seputar aplikasi Excel. Salah satu contoh aplikasi yang bisa dibuat dengan Excel adalah aplikasi data pejabat. Berikut ini cara membuat aplikasi tersebut:

  1. Buka Microsoft Excel, dan pilih salah satu template yang berisi tabel, misalnya template “Expense report”.
  2. Ubah nama tabel menjadi “Data Pejabat”.
  3. Ubah nama kolom pada tabel sesuai dengan kebutuhan data pejabat Anda. Misalnya, nama kolom bisa meliputi “Nama”, “Jabatan”, “Alamat”, dsb.
  4. Masukkan data dalam tabel sesuai dengan kolom yang sudah dibuat.
  5. Tambahkan fitur filter dan sorting untuk memudahkan pengolahan data.
  6. Siapkan form untuk memasukkan data baru. Form ini dapat dibuat dengan menggunakan fitur Form di Excel.
  7. Tambahkan fitur pencarian data dengan menggunakan fitur VLOOKUP atau INDEX-MATCH.
  8. Tambahkan fitur report untuk menampilkan data dengan grafik dan tabel secara visual.
  9. Setelah aplikasi selesai dibuat, simpan dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

FAQ

1. Apa keuntungan menggunakan Excel untuk membuat aplikasi?

Jawaban: Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan Excel untuk membuat aplikasi. Pertama, Excel mudah diakses dan dimiliki oleh banyak orang. Kedua, Excel mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap untuk membuat berbagai jenis aplikasi. Ketiga, Excel dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang bisa diotomatisasi, sehingga bisa menghemat waktu dan energi dalam melaksanakan tugas-tugas.

2. Apakah Excel bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang kompleks?

Jawaban: Ya, Excel bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang kompleks. Dengan fitur VBA dan add-in, kita bisa membuat aplikasi yang memiliki fitur dan kemampuan lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi yang dibuat dengan Excel standar. Namun, untuk membuat aplikasi yang kompleks, kita perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam pemrograman dan analisa data.

Video Tutorial: Cara membuat aplikasi kasir dari Excel part 4 – Edit Barang