Cara Membuat Angka Acak Antara 1 Dan 0 Di Excel

Cara Mudah Membuat Angka Random di Excel

Membuat angka acak atau random di Excel sangat penting. Hal ini akan mempermudahmu dalam proses pengisian tabel dan spreadsheet dengan nomor acak. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat angka random di Excel, kamu bisa mempraktikannya dari panduan ini.

Cara Membuat Angka Random Tidak Kembar / Berulang Di Excel

Pertama-tama, kamu harus membuka Excel terlebih dahulu. Lalu, buatlah tabel kosong di halaman Excel yang kamu buka.

Cara Membuat Angka Acak Antara 1 Dan 0 Di Excel

Selanjutnya, buatlah sebuah kolom untuk menampung nomor acak yang akan kamu buat. Kamu bisa membuat kolom tersebut di sebelah kanan atau kiri tabel kosong yang sudah kamu buat sebelumnya.

Ketika kamu sudah membuat kolom baru untuk nomor acak, kamu bisa menjalankan rumus =RAND() pada cell pertama di kolom tersebut. Setelah itu, tekan Enter pada keyboard untuk menjalankan rumus tersebut.

Selanjutnya, pilih cell yang kamu gunakan untuk menjalankan rumus tersebut. Lalu, klik kanan dan pilih Copy. Setelah itu, pilih kolom dari cell kedua hingga ke bawah, klik kanan dan pilih Paste. Hal ini akan membuat nomor acak yang sama di seluruh kolom.

Namun, kamu jangan khawatir. Ada trik untuk membuat nomor acak tidak berulang atau kembar. Caranya adalah dengan mengubah rumus yang tadi kamu jalankan, menjadi =RANDBETWEEN(1,100).

Setelah itu, jalankan rumus tersebut pada cell pertama di kolom nomor acak. Lalu, tekan Enter dan salin rumus tersebut pada sel-sel di bawahnya.

Sekarang, kamu akan mendapatkan nomor acak yang tidak berulang atau kembar.

Cara Mudah Mengurutkan Nomor yang Acak Secara Otomatis

Jika kamu sudah berhasil membuat nomor acak di Excel, kamu mungkin ingin mengurutkannya secara otomatis. Hal ini sangat berguna jika kamu ingin menggunakan nomor acak tersebut sebagai nomor urut untuk tabel atau daftar.

Untuk mengurutkan nomor acak secara otomatis, kamu bisa menggunakan fitur Sort di Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih seluruh kolom nomor acak yang kamu buat.
  2. Klik tombol Sort pada tab Data di Excel.
  3. Pilih kolom nomor acak sebagai kolom pertama untuk diurutkan.
  4. Pilih jenis pengurutan yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih dari urutan terbesar ke terkecil atau sebaliknya.
  5. Klik OK untuk menyelesaikan pengurutan.

Sekarang, nomor acak yang kamu buat sudah terurut secara otomatis di dalam tabel Excel.

FAQ Mengenai Membuat Angka Random di Excel

1. Apa itu angka acak atau random di Excel?

Angka acak atau random di Excel adalah proses pembuatan nomor otomatis yang tidak berurutan dan tidak berulang. Ini berguna untuk membantu pengisian tabel atau spreadsheet dengan nomor acak.

2. Bagaimana cara membuat nomor acak tidak berulang di Excel?

Untuk membuat nomor acak tidak berulang di Excel, kamu bisa menggunakan rumus =RANDBETWEEN(1,100) dan menjalankannya pada kolom nomor acak yang kamu buat. Kamu juga bisa menggunakan fitur Sort di Excel untuk mengurutkan nomor acak secara otomatis tanpa mengulang.

Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL BLANK

Video Cara Membuat Angka Acak atau Random di Excel