CARA INSTALL PYTHON DI WINDOWS 8

Python adalah bahasa pemrograman multiparadigma dan open-source yang digunakan secara luas di berbagai bidang pengembangan, termasuk pengembangan web, analisis data, kecerdasan buatan, dan banyak lagi. Python juga sangat mudah dipelajari dan dipahami, memiliki sintaks yang jelas dan mudah dibaca, sehingga membuatnya sangat populer di kalangan developer pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, bagaimana cara menginstal Python di Windows? Berikut panduan lengkap cara instal Python di Windows 7, 8 , dan 10.

1. Unduh Python Installer

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh file installer Python dari situs resmi Python. Klik tautan unduh di halaman utama situs Python, pilih versi Python yang ingin Anda instal (versi terbaru adalah Python 3.9.6), lalu pilih opsi “Windows x86-64 executable installer” atau “Windows x86 executable installer” sesuai dengan jenis sistem operasi Windows yang Anda gunakan.

2. Jalankan Python Installer

Setelah Anda mengunduh file installer Python, buka file .exe tersebut untuk memulai proses instalasi. Akan muncul jendela dialog instalasi, pilih opsi “Install Now” untuk memulai proses instalasi, lalu tunggu proses instalasi selesai.

3. Konfigurasi Instalasi Python

Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat melihat konfigurasi instalasi Python. Jika Anda ingin mengubah konfigurasi ini, klik opsi “Customize installation”.

Anda dapat memilih direktori instalasi Python, menambahkan Python ke path environment, membuat file .py menjadi asosiasi dengan Python, dan banyak lagi. Tetapi untuk sebagian besar pengguna, konfigurasi default sudah cukup.

4. Cek Instalasi Python

Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat memeriksa instalasi Python dengan membuka terminal atau command prompt pada komputer Anda. Ketik perintah “python” di terminal atau command prompt, maka Anda akan melihat versi Python yang terinstal pada komputer Anda.

CARA INSTALL PYTHON DI WINDOWS 8

Melalui panduan instalasi tersebut, Anda sudah bisa menginstal Python di Windows 7, 8, dan 10. Namun, Anda mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara menginstal beberapa paket (package) Python yang dibutuhkan dalam pengembangan, misalnya paket Pandas atau Numpy.

Berikut adalah panduan instalasi beberapa paket Python yang lebih populer :

– Pandas

Pandas adalah paket Python yang populer untuk analisis data. Untuk menginstal Pandas, Anda dapat menggunakan pip (package manager Python). Jalankan command prompt atau terminal, dan ketikkan perintah “pip install pandas”.

– Numpy

Numpy adalah paket Python untuk manipulasi array dan matriks. Untuk menginstal Numpy, ketikkan perintah “pip install numpy”.

– Matplotlib

Matplotlib adalah paket Python untuk visualisasi data. Untuk menginstal Matplotlib, ketikkan perintah “pip install matplotlib”.

FAQ:
1. Apa itu Python?
Python adalah bahasa pemrograman open-source yang populer dan mudah dipelajari.

2. Apakah Python dapat diinstal di Mac atau Linux?
Ya, Python dapat diinstal di Mac dan Linux, selain di Windows.

Berikut adalah video tutorial instalasi Python di Windows:

Baca Juga :  Cara Install Windows 7 Dengan Menggunakan Flashdisk