CARA INSTALL PYCHARM ODOO 11 COMMUNITY WINDOWS 10

PyCharm adalah salah satu Integrated Development Environment (IDE) yang sangat populer bagi para pengembang dan programmer yang menggunakan bahasa pemrograman Python. IDE ini dikembangkan oleh perusahaan JetBrains dan tersedia dalam dua versi, yaitu PyCharm Community Edition (yang dapat diunduh secara gratis) dan PyCharm Professional Edition (yang memiliki fitur tambahan dan memerlukan lisensi berbayar).

Cara Install PyCharm Community Edition di Windows 10

PyCharm Community Edition dapat diinstal dengan mudah pada sistem operasi Windows 10. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh Installer PyCharm

Langkah pertama dalam menginstal PyCharm adalah dengan mengunduh installer-nya dari situs web JetBrains. Pastikan untuk memilih PyCharm Community Edition karena ini adalah versi gratis dan open source. Anda dapat mengunduh versi terbaru dari PyCharm Community Edition dengan membuka halaman unduhan di situs resmi JetBrains.

Langkah 2: Instal PyCharm

Setelah mengunduh installer, ekstrak file yang diunduh dan jalankan file installer.exe. Tampilan utama installer PyCharm akan muncul seperti gambar di bawah ini:

CARA INSTALL PYCHARM ODOO 11 COMMUNITY WINDOWS 10

Klik ‘Next’ untuk melanjutkan. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis instalasi yang ingin dilakukan. Pilih ‘Standard’ jika Anda tidak ingin mengubah apa-apa atau ‘Custom’ jika Anda ingin memilih opsi tambahan seperti direktori instalasi atau opsi bahasa.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih direktori instalasi. Opsi ini dapat diubah sesuai keinginan namun direkomendasikan untuk tetap menggunakan opsi default. Klik ‘Next’ untuk melanjutkan.

Anda juga dapat memilih fitur tambahan yang ingin diinstal seperti integrasi dengan versi kontrol Git. Jika Anda memilih untuk menginstal Git, Anda akan diminta untuk memilih direktori instalasi Git. Klik ‘Next’ untuk melanjutkan.

Selanjutnya, installer akan memeriksa kembali apakah semua opsi yang dipilih adalah yang diinginkan dan apakah sistem telah memenuhi syarat minimum yang diperlukan. Setelah semua selesai, klik ‘Install’ untuk memulai instalasi.

Proses instalasi akan memakan waktu beberapa menit tergantung pada kecepatan komputer Anda. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk mengatur preferensi PyCharm seperti opsi warna atau font. Pilih opsi yang diinginkan dan klik ‘Next’ untuk melanjutkan.

Akhirnya, Anda akan diminta untuk membuat desktop shortcut untuk PyCharm dan menentukan apakah Anda ingin membuka PyCharm setelah mengklik ‘Finish’. Setelah selesai, klik ‘Finish’ untuk menyelesaikan proses instalasi.

instalasi pycharm

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar PyCharm dan jawabannya:

Pertanyaan 1: Apakah PyCharm bisa digunakan untuk bahasa pemrograman selain Python?

Jawaban: Meskipun PyCharm dikhususkan untuk pengembangan di bahasa pemrograman Python, PyCharm Professional Edition juga mendukung pengembangan di beberapa bahasa pemrograman seperti JavaScript, HTML/CSS, dan SQL.

Pertanyaan 2: Apa itu PyCharm Edu dan apa bedanya dengan PyCharm biasa?

Jawaban: PyCharm Edu adalah versi PyCharm yang dirancang khusus untuk pendidikan dan dapat digunakan untuk mengajarkan pemrograman Python kepada siswa. PyCharm Edu memiliki fitur tambahan seperti Python Course Creator, yang memungkinkan pengguna untuk membuat kursus pemrograman dan Python Classroom Assistant, yang memungkinkan siswa untuk mengerjakan tugas dan mengumpulkan pekerjaan mereka. PyCharm Edu tersedia untuk diunduh secara gratis seperti PyCharm Community Edition.

Baca Juga :  CARA INSTAL ULANG WINDOWS XP DI LAPTOP

Video: Panduan Instalasi PyCharm

Berikut adalah video tutorial singkat tentang cara menginstal PyCharm Community Edition di Windows:

Conclusion

Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara menginstal PyCharm Community Edition di Windows 10, serta menjawab beberapa pertanyaan umum tentang IDE ini. PyCharm Community Edition dapat diunduh secara gratis dari situs resmi JetBrains dan dapat digunakan untuk mengembangkan program Python dengan cepat dan efisien.