CARA INSTAL WINDOWS 10 TAPI DRIVE RECOVERY MASIH ADA






Cara Mudah Instal Windows 7 Lengkap dengan Gambar | Cara Mudah Windows

Windows 7 adalah salah satu sistem operasi paling populer hingga saat ini. Namun, bagi sebagian orang, menginstal sistem operasi dapat menjadi tugas yang menakutkan. Tapi jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mudah menginstal Windows 7 dengan gambar sebagai panduan.

Langkah 1: Menyiapkan Instalasi Windows 7

CARA INSTAL WINDOWS 10 TAPI DRIVE RECOVERY MASIH ADA

Langkah pertama adalah menyiapkan instalasi Windows 7. Yang Anda butuhkan adalah DVD instalasi atau file ISO Windows 7 dan USB flash drive dengan kapasitas minimal 4 GB. Jika Anda menggunakan DVD instalasi, Anda harus memasukkan DVD ke dalam drive DVD-RW Anda. Namun, jika Anda menggunakan file ISO, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu dari situs web Microsoft atau tempat lain yang dapat dipercaya.

Langkah 2: Menjalankan Instalasi Windows 7

Setelah menyiapkan instalasi Windows 7, langkah selanjutnya adalah menjalankan instalasi. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan DVD instalasi atau USB flash drive ke dalam komputer dan restart atau nyalakan komputer. Ketika layar BIOS muncul, tekan tombol yang ditunjukkan pada layar untuk masuk ke pengaturan BIOS. Kemudian, pada pengaturan BIOS, atur boot sequence untuk memulai DVD instalasi atau USB flash drive terlebih dahulu.

Langkah 3: Memilih Bahasa, Zona Waktu, dan Keyboard Input

CARA INSTAL WINDOWS 10 TAPI DRIVE RECOVERY MASIH ADA

Setelah menyetel boot sequence, komputer akan memulai instalasi dari DVD instalasi atau USB flash drive. Pada layar pertama, pilih bahasa, zona waktu, dan keyboard input yang diinginkan. Kemudian klik “Next” untuk melanjutkan.

Langkah 4: Memasukkan Kode Produk dan Menyetujui Persyaratan Lisensi

memasukkan kode produk

Pada layar selanjutnya, masukkan kode produk Windows 7 Anda. Kode ini biasanya terdapat pada kotak bawah DVD instalasi atau pada email konfirmasi dari situs web tempat Anda membeli kode produk. Setelah memasukkan kode produk, Anda harus menyetujui persyaratan lisensi yang ditampilkan pada layar untuk melanjutkan instalasi. Klik “I accept the license terms” dan kemudian klik “Next”.

Langkah 5: Memilih Jenis Instalasi

Pada layar selanjutnya, pilih jenis instalasi yang ingin Anda lakukan. Jika Anda ingin memperbarui sistem operasi saat ini, pilih “Upgrade”. Namun, jika Anda ingin melakukan instalasi baru atau mempartisi hard disk, pilih “Custom (advanced)”.

Langkah 6: Memilih Partisi Hard Disk

Jika Anda memilih “Custom (advanced)”, pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih partisi hard disk yang ingin Anda gunakan untuk instalasi Windows 7. Jika hard disk Anda tidak memiliki partisi, atau Anda ingin mempartisi ulang hard disk, klik “Drive options (advanced)” dan kemudian klik “New”. Masukkan ukuran partisi yang diinginkan dan klik “Apply”. Setelah selesai, pilih partisi yang baru dibuat dan klik “Next” untuk melanjutkan instalasi.

Langkah 7: Menunggu Instalasi Selesai

Setelah memilih partisi hard disk, proses instalasi akan dimulai. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Setelah proses instalasi selesai, komputer akan restart. Jangan lupa untuk melepas DVD instalasi atau USB flash drive dari komputer saat sistem operasi menginstruksikan Anda untuk melakukan itu.

Baca Juga :  Cara Instal Driver Macbook Di Windows 7

FAQ

1. Apakah saya perlu memiliki produk kunci untuk menginstal Windows 7?

Ya. Anda perlu memiliki produk kunci untuk menginstal Windows 7. Produk kunci tersebut biasanya terdapat pada kotak bawah DVD instalasi atau pada email konfirmasi dari situs web tempat Anda membeli kode produk.

2. Apakah saya dapat menginstal Windows 7 tanpa DVD instalasi atau USB flash drive?

Ya. Anda dapat menginstal Windows 7 tanpa DVD instalasi atau USB flash drive dengan menggunakan metode penginstalan oleh jaringan. Namun, metode ini memerlukan koneksi jaringan yang stabil dan memakan waktu yang lebih lama daripada metode instalasi DVD atau USB flash drive.