CARA IMPORT FILE EXCEL

Mari kita bahas cara import data Excel ke beberapa program di bidang teknologi seperti PostgreSQL, CorelDRAW, Python, dan MySQLi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut.

Cara Import Data Excel ke PostgreSQL

CARA IMPORT FILE EXCEL

PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional open-source yang terkenal. Selain beberapa aplikasi desktop, PostgreSQL juga bisa diakses secara online. Meskipun PostgreSQL cukup kompleks, namun cara import data Excel ke dalam PostgreSQL cukup mudah dengan langkah berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi PostgreSQL dan pastikan Anda telah membuat tabel dengan kolom yang sesuai dengan data Excel Anda.
  • Buka spreadsheet Anda dan hapus bagian luar dari daftar data dan biarkan hanya sel yang berisi data yang ingin Anda impor ke dalam PostgreSQL.
  • Klik bagian atas sel data dan tekan Shift + End pada keyboard. Sekarang Anda akan melihat bahwa semua sel sampai ujung bawah daftar data sudah terpilih.
  • Jangan keluar dari spreadsheet dan tekan Ctrl + C untuk menyalin data yang telah terpilih.
  • Selanjutnya, paste data yang telah Anda salin ke editor teks.
  • Lakukan find and replace untuk meleburkan baris data. Hilangkan baris kosong antara baris data Anda agar data dapat dikenali oleh PostgreSQL.
  • Simpan file sebagai format CSV. Hal ini diperlukan agar data dapat diimport ke dalam PostgreSQL.
  • Buka aplikasi PostgreSQL dan pilih tabel yang ingin Anda impor. Klik kanan pada tabel dan pilih “Import”.
  • Pilih file CSV yang telah Anda simpan tadi dan SQL INSERT statement akan dibuat oleh PostgreSQL sebelum data dapat diimport ke dalam tabel Anda.

Cara Import Data Excel ke CorelDRAW

Import Excel to CorelDRAW

Sekarang kita beralih ke aplikasi CorelDRAW yang digunakan untuk merancang grafik vektor dan digital imaging. Jika Anda ingin menambahkan data Excel ke dalam desain CorelDRAW, Anda dapat menggunakan fitur copy dan paste atau melakukannya dengan import. Berikut adalah cara import data Excel ke CorelDRAW:

  • Buka CorelDRAW dan pilih File > Import.
  • Pilih file Excel yang ingin Anda impor.
  • Setelah Anda memilih file Excel yang ingin diimpor, Anda akan melihat dialog “Import File”. Pilih tabel atau sel dari spreadsheet yang ingin Anda impor dan klik “Import”.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah dialog “Imported Table Options” yang memungkinkan Anda menyesuaikan tata letak tabel. Setelah Anda mengkonfigurasi opsi tabel Anda, klik OK.
  • Data Excel Anda sekarang sudah diimpor ke dalam CorelDRAW dan Anda dapat mengekspor desain Anda untuk digunakan di media lain seperti video atau media cetak.

Cara Import Data Excel ke Python

Import Excel to Python

Sejak 2016, Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia saat ini. Python biasanya digunakan untuk memproses data untuk pengolahan bisnis dan sains data. Berikut adalah cara import data Excel ke Python:

  • Gunakan pandas untuk membaca berkas Excel dan menyimpan data di sebuah DataFrame
  • Buka editor teks dan ketikkan kode berikut:

“`python
import pandas as pd
df = pd.read_excel(‘nama_file_excel.xlsx’, sheet_name=’nama_sheet’)
“`

  • Kemudian Anda dapat mengedit data Anda dengan menambah, mengubah atau menghapus kolom dan baris atau mengekstrak data yang Anda butuhkan dari DataFrame yang telah Anda buat.
  • Cara paling umum untuk mengekspor data dari Python adalah ke dalam format CSV atau spreadsheet Excel jika Anda ingin melanjutkan pekerjaan pada spreadsheet.
Baca Juga :  CARA MEMISAHKAN NAMA DEPAN BELAKANG FILE EXCEL

Cara Import Data Excel ke MySQLi pada PHP 7

Import Excel to MySQLi

PHP 7 adalah salah satu bahasa pemrograman server-side populer yang dapat digunakan untuk menghasilkan konten dinamis di situs web. Jika Anda menggunakan MySQLi untuk mengelola database Anda, Anda dapat mengimpor data Excel dengan mudah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa tabel Anda di MySQLi memiliki kolom sesuai dengan data Excel Anda.
  • Buka editor teks dan buat kode PHP yang memperbolehkan Anda membaca data Excel.

“`php
// Koneksi untuk database
$koneksi=mysqli_connect(“localhost”,”user”,”pass”,”db”);
// Baca file tanpa letak file sementara
$nama_file_baru=$_FILES[‘file’][‘tmp_name’];
if(isset($nama_file_baru))

// Baca file Excel
require_once(‘PHPExcel/PHPExcel.php’);
$excelreader = new PHPExcel_Reader_Excel2007();
$loadexcel = $excelreader->load($nama_file_baru);
$sheet = $loadexcel->getActiveSheet()->toArray(null, true, true, true);

// Buat SQL INSERT Query
$sql = ”;
foreach($sheet as $index => $data)

if ($index != 1) $sql .= “,”; // tambahkan koma ke setiap record selain record pertama
$sql .= “(‘$data[Kolom1]’,’$data[Kolom2]’,’$data[Kolom3]’)”; // Tambahkan data Anda di sini

// Mengisi tabel dengan data Excel
mysqli_query($koneksi, $sql) or die(mysqli_error($koneksi));

“`

  • Kemudian Anda dapat menggunakan bagian kode CSS untuk memperkerjakan MySQLi dan mengambil data dari database yang kini mengandung data Excel yang telah Anda impor.

FAQ

1. Apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki beberapa tabel dalam satu file Excel?

Anda harus merujuk pada sheet dalam file Excel yang sesuai. Pastikan bahwa dataset yang Anda impor ke dalam database memiliki kolom yang sesuai dengan struktur jadwal dalam sheet Anda.

2. Bagaimana jika muncul dialog “access denied” saat membaca file Excel di Python?

Pastikan bahwa file Excel yang ingin Anda baca tidak sedang dibuka di aplikasi manapun. Klik kanan pada file Excel dan pilih “Properties” kemudian “Unblock” untuk memberi ijin kepada Python membaca file Excel Anda.

Video Tutorial – Import Excel file into RapidMiner repository