CARA FILTER DATA EXCEL YANG BLANKS

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara filtering data pada Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah program aplikasi pengolah data yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar pekerja kantor. Salah satu fitur andalan dari Excel adalah kemampuannya untuk melakukan filtering data. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengambil data yang relevan dengan kebutuhan tanpa harus menghapus semua data yang tidak diperlukan.

Untuk memulai filtering data pada Excel, pertama-tama kita harus merujuk pada data yang akan difilter. Data yang dimaksud bisa berupa spreadsheet lengkap yang berisi data dalam jumlah yang besar, atau mungkin terdapat dalam cel tertentu di dalam spreadsheet tersebut.

Setelah merujuk pada data yang akan difilter, kita dapat memulai langkah-langkah melakukan filtering data. Berikut adalah cara-cara untuk melakukan filtering data pada Microsoft Excel:

1. Cara Menggunakan Filter Berdasarkan Nilai

Filtering berdasarkan nilai merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh pengguna Excel. Cara ini sangat berguna ketika pengguna ingin mengambil data yang memiliki nilai tertentu, seperti data yang bernilai lebih besar dari sebuah nilai tertentu, atau data yang bernilai lebih kecil dari sebuah nilai tertentu.

Untuk melakukan filtering berdasarkan nilai, pertama-tama kita harus menandai kolom yang ingin difilter. Setelah itu, klik pada tombol “Sort & Filter” yang terletak pada ribbon di bagian atas halaman Excel. Kemudian, pilih opsi “Filter” untuk menampilkan opsi-opsi filtering.

Setelah menampilkan opsi filtering, kita akan melihat daftar nilai-nilai yang ada di dalam kolom yang kita tentukan sebelumnya. Di sini, kita dapat memilih nilai yang ingin kita filter. Misalnya, jika kita ingin mengambil data yang hanya bernilai 10 atau lebih besar, maka kita cukup memilih checkbox yang terletak di sebelah kiri nilai 10.

Setelah memilih nilai-nilai yang ingin di-filter, tekan tombol “OK” untuk mengaplikasikan filtering. Excel akan otomatis menampilkan hanya data yang memiliki nilai sesuai dengan filter yang kita tentukan.

2. Cara Menggunakan Filter Berdasarkan Teks

Selain filtering berdasarkan nilai, pengguna Excel juga sering menggunakan filtering berdasarkan teks. Filtering ini sangat berguna ketika pengguna ingin mencari data yang memiliki karakteristik tertentu, seperti data yang memiliki kata kunci tertentu, atau data yang memiliki pola tertentu dalam teksnya.

Untuk melakukan filtering berdasarkan teks, kita perlu menandai kolom yang ingin difilter terlebih dahulu, kemudian klik pada tombol “Sort & Filter” yang terletak pada ribbon di bagian atas halaman Excel. Setelah itu, pilih opsi “Filter” seperti pada langkah sebelumnya.

Setelah menampilkan opsi filtering, kita akan melihat daftar nilai-nilai yang ada di dalam kolom yang kita tentukan sebelumnya. Di sini, kita dapat mengetikkan kata kunci tertentu di dalam kotak pencarian yang terletak di bagian atas daftar nilai. Excel akan secara otomatis menyaring dan menampilkan hanya data yang memiliki kata kunci tersebut.

Untuk filtering berdasarkan pola teks tertentu, pengguna dapat menggunakan operator wildcards seperti “*”. Misalnya, jika kita ingin mencari data yang memiliki pola “ABC*”, kita dapat mengetikkan “*ABC*” di dalam kotak pencarian dan Excel akan menampilkan semua data yang memiliki pola yang dimaksud.

Mungkin ada beberapa pertanyaan seputar cara filtering data pada Excel. Berikut adalah dua pertanyaan yang sering muncul beserta jawabannya:

1. Bagaimana cara menghapus filter pada kolom tertentu?

Jawaban: Untuk menghapus filter pada kolom tertentu, kita dapat menandai kolom yang ingin dihapus filter-nya, kemudian klik pada tombol “Sort & Filter” dan pilih opsi “Clear Filter” untuk menghapus filter pada kolom tersebut.

Baca Juga :  CARA MERUBAH FILE EXCEL MENJADI XLS

2. Dapatkah saya menggunakan fitur filtering data untuk menghapus baris yang tidak diperlukan?

Jawaban: Ya, pengguna dapat menggunakan fitur filtering data untuk menghapus baris yang tidak diperlukan. Caranya adalah dengan menghilangkan nilai yang tidak sesuai dengan filter dari kolom yang akan difilter. Setelah itu, semua baris yang tersisa dapat dihapus dengan mudah. Namun, pengguna harus berhati-hati saat menghapus baris, karena data yang tidak diperlukan mungkin berguna di kemudian hari.

Demikianlah artikel pilar mengenai cara filtering data pada Microsoft Excel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca, terutama bagi mereka yang sering menggunakan Excel untuk mengolah data. Jangan lupa saksikan juga video tutorial mengenai cara filtering data pada Microsoft Excel di Youtube dengan keyword “cara filtering data pada Excel”. Terima kasih telah membaca!