CARA BUAT PERSENTASI ANGKA DI EXCEL

Jika Anda seorang profesional yang sering menggunakan Microsoft Excel, tentu sudah sangat familiar dengan berbagai macam fungsi dan formula di dalamnya. Salah satu fungsi yang sering digunakan adalah pengurutan data, terutama untuk data numerik. Namun, tidak semua orang tahu cara mengurutkan angka di Excel dengan benar dan efisien. Berikut beberapa tips dan trik dalam pengurutan angka di Excel.

Cara Mengurutkan Angka di Excel dengan Benar

CARA BUAT PERSENTASI ANGKA DI EXCEL

Untuk mengurutkan angka di Excel dengan benar, pertama-tama pastikan bahwa seluruh data sudah terpilih dan tidak terdapat sel yang kosong atau duplikat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih seluruh data yang ingin diurutkan
  • Pilih menu “Data” -> “Sort”
  • Pilih “Sort By” untuk memilih kolom mana yang ingin diurutkan
  • Pilih “Sort On” untuk memilih jenis data yang ingin diurutkan (numerik atau teks)
  • Pilih “Order” untuk memilih tipe pengurutan (A-Z atau Z-A untuk data teks, terkecil ke terbesar atau sebaliknya untuk data numerik)
  • Klik “OK”

Jika Anda ingin mengurutkan data dengan lebih detail, seperti mengurutkan data numerik dari terkecil ke terbesar maka dipastikan menjadi lebih mudah ketika menggunakan shortcut key. Dengan ketuk tombol F12 maka data Anda akan masuk ke dalam

Cara Memberikan Tengah pada Angka di Excel

cara memberikan tengah pada angka di Excel

Apabila Anda memiliki data angka di Excel dan ingin memberikan format agar angka tersebut berada di tengah setiap sel, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Pilih seluruh data angka yang ingin diatur
  • Pilih menu “Home” -> “Alignments” -> “Center”

Dengan demikian, setiap angka di dalam sel sekarang akan berada di tengah.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban terkait pengurutan angka di Excel.

Pertanyaan 1: Apa yang terjadi jika ada sel kosong atau duplikat dalam data yang akan diurutkan?

Jawaban: Jika ada sel kosong dalam data yang akan diurutkan, maka pengurutan angka di Excel tidak akan berjalan dengan benar sehingga hasilnya dapat menjadi tidak akurat. Oleh karena itu, pastikan untuk menghapus sel yang kosong sebelum melakukan pengurutan data. Jika ada duplikat dalam data, Excel akan mengurutkan baris dengan data yang diyakini sebagai duplikat secara berurutan.

Pertanyaan 2: Apakah cara mengurutkan angka di Excel sama dengan cara mengurutkan teks?

Jawaban: Secara prinsip, cara mengurutkan angka di Excel sama dengan cara mengurutkan teks. Namun, dalam proses pengurutan, Excel akan memperlakukan angka dan teks dalam cara yang berbeda. Untuk data teks, Excel akan mengurutkan data secara alfabetis, sedangkan untuk data numerik, Excel akan mengurutkan data secara numerik.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial tentang pengurutan angka di Excel:

Baca Juga :  Cara Membuat Anggaran Dana Dengan Excel