Excel sudah menjadi kebutuhan hampir seluruh bisnis di dunia. Entah itu untuk membuat laporan, pencatatan data, mengatur stok, bahkan untuk membuat aplikasi toko. Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai beberapa hal yang mungkin dapat membantu Anda dalam menggunakan Microsoft Excel sebagai alat bantu dalam bisnis Anda.
Tips Membuat Database Dalam MS. Excel
Jangan ragu untuk menggunakan Excel sebagai alat bantu pencatatan data bisnis Anda. Dalam video dari channel YouTube Sali Kreatif berikut, akan dijelaskan step by step cara membuat database sederhana menggunakan Microsoft Excel.
Tips Membuat Aplikasi Toko Dengan Excel
Tidak hanya sebagai pencatatan data, Excel juga bisa digunakan untuk membuat bisnis sederhana seperti toko online. Dalam video dari channel YouTube DelineWSTV berikut, akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan aplikasi toko online dengan menggunakan Microsoft Excel.
Contoh Database Toko Baju
Contoh database pada gambar di atas adalah database sederhana yang bisa digunakan untuk memantau stok barang di toko baju. Dalam database ini terdapat kolom untuk Nama Barang, Harga Satuan, Jumlah Masuk, Jumlah Keluar, Total, dan Stok Akhir. Dengan menggunakan database seperti ini, Anda akan mudah untuk mengetahui stok barang yang tersedia dan barang apa yang harus diorder kembali.
Cara Print Excel Yang Tepat
Menggunakan Excel dalam pencatatan data juga berarti Anda harus memikirkan bagaimana cara yang tepat untuk mencetak data tersebut. Dalam artikel dari blog windowsku.com berikut, dijelaskan 6 langkah gampang cara print Excel yang benar dan tepat.
1. Pilih Sheet yang Ingin Dicetak
2. Print Preview
3. Page Setup
4. Additional Setting dan Layout
5. Print
6. Print Dialog Box
Cara Membuat Laporan Penjualan Bulanan
Dalam bisnis, tidak cukup hanya mencatat dan mengetahui stok barang yang tersedia. Anda juga harus mengetahui seberapa laris produk Anda dan berapa jumlah penjualan bulanan yang dilakukan. Dalam video dari channel YouTube Ririn Dwiningsih berikut, akan dijelaskan cara membuat laporan penjualan bulanan menggunakan Microsoft Excel.
FAQ
Apa saja keuntungan menggunakan Excel sebagai alat bantu dalam bisnis?
Excel memiliki kemampuan pencatatan data yang canggih dan mudah dipelajari, sehingga memudahkan Anda dalam mengatur data-data bisnis Anda dengan rapi dan terstruktur. Selain itu, Excel juga memiliki kemampuan pembuatan grafik yang bisa meningkatkan kualitas presentasi data Anda.
Apakah Excel hanya bisa digunakan untuk bisnis yang besar?
Tentu tidak. Excel bisa digunakan dalam bisnis apa pun, dari yang besar hingga kecil. Excel dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda dan juga mudah dijangkau oleh siapapun yang ingin mempelajari alat ini.