CARA BUAT DATA ENTRY DI EXCEL

Pilar Artikel: Cara Membuat Data Entry di Excel Dengan Mudah dan Cepat

Excel adalah salah satu program aplikasi pengolah angka yang paling populer dan banyak digunakan pada saat ini. Banyak dari kita yang menggunakan Excel sebagai alat pengolah data, membuat laporan, dan masih banyak lagi. Salah satu fitur dari Excel yang tidak bisa diabaikan adalah kemampuannya untuk membuat data entry atau formulir untuk memudahkan pengisian data.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat data entry di Excel dengan mudah dan cepat. Selain itu, artikel ini juga akan menyajikan FAQ dan video tutorial di YouTube untuk mempermudah belajar.

Langkah Pertama: Membuat Table Database

Langkah pertama dalam membuat data entry di Excel adalah dengan membuat tabel database. Tabel ini akan digunakan untuk menyimpan data yang akan diisi melalui formulir. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tabel database:

1. Buka Excel dan buat lembar kerja baru
2. Pilih cell A1 dan ketikkan judul untuk tabel database, seperti “Data Entry Form”
3. Pilih cell A2 dan ketikkan nama kolom pertama, seperti “Nama Lengkap”
4. Teruskan dengan membuat nama kolom lainnya sesuai dengan kebutuhan, seperti “Alamat”, “Nomor Telepon”, “Email”, dll.
5. Berikan nama pada tabel database dengan mengklik seluruh tabel, kemudian pilih “Format As Table” di menu “Home”, dan pilih style yang diinginkan.
6. Jangan lupa untuk memberikan nama pada tabel database, dengan mengklik “Design”, kemudian “Table Name”.

Setelah tabel database selesai dibuat, kita dapat mulai membuat formulir untuk memudahkan pengisian data.

Langkah Kedua: Membuat Formulir Data Entry

Formulir data entry adalah bentuk lain dari tabel database, yang dibuat dengan tujuan memudahkan pengisian data. Ada banyak cara untuk membuat formulir data entry di Excel, namun pada artikel ini, kita akan mempelajari cara membuat form dengan memanfaatkan fitur “Data Entry Form”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pilih cell kosong di sebelah kanan tabel database
2. Klik pada “Developer” di menu “Ribbon” Excel. Jika menu “Developer” belum muncul, cari di tab “File”, kemudian klik “Options”, lalu pilih “Customize Ribbon”. Di sana, aktifkan “Developer” di “Main Tabs”.
3. Setelah menu “Developer” muncul, klik “Insert” lalu pilih “Form Controls” dan klik “Data Entry Form”.
4. Isikan data pada form yang muncul. Pastikan untuk memilih tabel database yang telah dibuat pada “Table/Range”
5. Klik “New” untuk memulai pengisian data, kemudian isi data sesuai dengan kolom yang telah dibuat pada tabel database.
6. Setelah selesai mengisi data, klik “Close” pada form untuk menyimpan data.

Langkah Ketiga: Menyimpan Formula dan Fungsi pada Formulir

Ketika membuat formulir data entry, kadangkala kita memerlukan formula dan fungsi agar data dapat diolah. Misalnya, kita ingin menambahkan kolom “Total Harga” yang otomatis terisi ketika ada input harga dan jumlah barang. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan formula dan fungsi pada formulir data entry:

1. Buka formulir data entry yang telah dibuat
2. Klik cell di kolom “Total Harga”, kemudian pilih “Insert Function” di menu “Formula”
3. Ketikkan formula pada “Formula Bar”. Misalnya, jika kita ingin menghitung Total Harga dari harga dan jumlah barang, maka formula yang digunakan adalah “=[cell harga]*[cell jumlah barang]”
4. Setelah formula telah terisi, klik “Enter” untuk menyelesaikan fungsi pada formulir.

FAQ tentang Membuat Formulir Data Entry di Excel:

1. Apakah saya perlu membayar untuk membuat formulir data entry di Excel?
Tidak, pembuatan formulir data entry di Excel tidak memerlukan biaya apapun. Anda hanya perlu memiliki software Microsoft Excel di komputer Anda.

2. Bagaimana jika saya lupa kolom yang harus diisi pada formulir?
Anda dapat melihat kolom pada tabel database yang telah dibuat untuk mengetahui nama kolom yang harus diisi pada formulir. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan keterangan pada formulir untuk memudahkan pengguna dalam mengisi data.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat data entry di Excel, video tutorial pada link berikut ini dapat membantu:

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Data Terakhir Di Excel
[Link ke video di YouTube]

Langkah Keempat: Menyelaraskan Format Kolom

Pada formulir data entry, kita mungkin perlu menyesuaikan format kolom untuk memenuhi kebutuhan pengolahan data. Misalnya, kita ingin mengatur kolom tanggal agar formatnya sesuai dengan kebutuhan, atau mengatur kolom harga agar selalu memunculkan dua digit angka di belakang koma. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyelaraskan format kolom pada formulir data entry:

1. Klik pada kolom yang ingin disesuaikan formatnya
2. Pilih “Format Cells” di menu “Home”
3. Memilih tipe format yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda dapat memilih format “Dates” pada kolom tanggal atau format “Currency” pada kolom harga.
4. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Langkah Kelima: Mengatur Proteksi pada Formulir

Ketika formulir data entry telah selesai dibuat, kita dapat mengatur proteksi untuk mencegah pengguna lain merubah data yang telah diinputkan. Ada beberapa cara untuk mengatur proteksi pada formulir, termasuk dengan password atau hanya mengizinkan pengisian pada beberapa sel saja. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur proteksi pada formulir data entry:

1. Pilih menu “Review” di Ribbon Excel
2. Klik pada “Protect Sheet” atau “Protect Workbook” sesuai dengan kebutuhan
3. Atur opsi proteksi yang diinginkan, seperti mengizinkan pengisian pada beberapa sel saja atau memberikan password proteksi.
4. Klik “OK” untuk menyimpan proteksi.

FAQ tentang Proteksi Data pada Formulir Data Entry di Excel:

1. Apakah saya perlu mengatur proteksi pada formulir data entry?
Jika Anda ingin mencegah pengguna lain merubah data yang telah diinputkan pada formulir, maka Anda perlu mengatur proteksi pada formulir.

2. Apa yang terjadi jika saya lupa password proteksi pada formulir?
Jika Anda lupa password proteksi pada formulir, maka Anda tidak dapat mengubah data yang telah diinputkan pada formulir. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan password di tempat yang aman atau gunakan opsi proteksi yang lain.

Video tutorial berikut juga dapat membantu Anda untuk mengatur proteksi pada formulir data entry di Excel:

[Link ke video di YouTube]

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas bagaimana cara membuat data entry di Excel dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, kita dapat membuat formulir untuk memudahkan pengisian data dan mengatur proteksi pada formulir untuk mencegah pengguna lain merubah data yang telah diinputkan. FAQ dan video tutorial yang telah disajikan juga dapat membantu Anda dalam mempelajari lebih detail tentang cara membuat data entry di Excel.

Akhir kata, selamat mencoba!