Cara Aktifkan Macro Excel 2016

Microsoft Excel adalah salah satu software yang sangat populer dalam dunia bisnis dan akademik. Dalam Excel, terdapat banyak fitur yang dapat membantu pengguna untuk mengolah data dengan lebih mudah dan efisien. Namun, salah satu fitur yang terkadang luput dari perhatian pengguna adalah fitur Macro. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam sejumlah perintah dan menyimpannya dalam bentuk skrip yang dapat dijalankan kembali dengan cepat dan otomatis. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengaktifkan Macro pada Excel 2013 atau Excel 2016.

Cara Aktifkan Macro Pada Excel 2013 atau Excel 2016

Cara Aktifkan Macro Excel 2016

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengaktifkan Macro pada Excel 2013 atau Excel 2016 adalah dengan membuka file Excel yang ingin digunakan. Setelah itu, klik tombol “File” pada bagian pojok kiri atas layar dan pilih “Option” pada menu yang muncul.

Gambar Step 2

Setelah itu, akan muncul jendela “Excel Options”. Pilih “Customize Ribbon” pada menu sebelah kiri dan cari bagian “Main Tabs” di sebelah kanan. Pastikan bahwa opsi “Developer” telah di-centang. Kemudian, klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Gambar Step 3

Jika opsi “Developer” belum muncul pada tab utama Excel, klik tab “Developer” pada bagian atas layar. Setelah itu, klik tombol “Macro Security” pada grup “Code” dan pilih opsi “Enable all macros” pada jendela yang muncul. Kemudian, klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Gambar Step 4

Sekarang Macro pada Excel sudah diaktifkan. Untuk merekam skrip Macro, klik “Record Macro” pada grup “Code” pada tab “Developer”. Kemudian, berikan nama pada Macro dan pilih tempat penyimpanan untuk Macro tersebut.

Lakukan serangkaian perintah yang ingin dicatat dan tekan tombol “Stop Recording” pada grup “Code” pada tab “Developer” ketika selesai. Skrip Macro akan disimpan di tempat penyimpanan yang telah dipilih sebelumnya dan dapat dijalankan kembali dalam waktu singkat.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul terkait dengan penggunaan Macro pada Excel beserta jawabannya.

1. Apa saja keuntungan menggunakan Macro pada Excel?

Dengan menggunakan Macro pada Excel, pengguna dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengolah data. Sebuah skrip Macro hanya perlu direkam dan dapat dijalankan kembali berkali-kali dengan cepat dan otomatis. Selain itu, Macro juga memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur Excel yang tidak tersedia melalui menu utama.

2. Apakah terdapat risiko keamanan dalam menggunakan Macro pada Excel?

Sebagaimana dengan penggunaan software lainnya, terdapat potensi risiko keamanan dalam menggunakan Macro pada Excel. Skrip Macro dapat mencakup sejumlah perintah yang sulit dipantau dan dapat membuka celah bagi serangan virus atau malware jika tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna hanya mengaktifkan Macro dari sumber yang terpercaya dan memastikan bahwa opsi keamanan Macro telah diatur dengan baik.

Video Tutorial: Cara Mengaktifkan Macro di Excel

Bagi Anda yang lebih suka mempelajari cara mengaktifkan Macro pada Excel melalui video, berikut adalah tutorial yang dapat diikuti:

Baca Juga :  Cara Mencari Statistik Excel D1 D2 D3 Data Berkelompok

Itulah cara mengaktifkan Macro pada Excel 2013 atau Excel 2016 beserta beberapa FAQ yang sering muncul terkait dengan penggunaannya. Dengan mengetahui cara menggunakan fitur ini dengan baik, pengguna dapat memaksimalkan penggunaan Excel dan meningkatkan efisiensi dalam mengolah data.