BAGAIMANA CARA MEMASUKKAN DAN MEMPERBAIKI DATA PADA MICROSOFT EXCEL

Membahas Tentang Microsoft Excel dan Cara Mengolah Data di dalamnya

Microsoft Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling populer yang digunakan di seluruh dunia. Program ini telah digunakan oleh jutaan pengguna dalam berbagai macam keperluan, mulai dari menghitung anggaran pribadi, mengolah data untuk bisnis, hingga mengedit informasi keuangan untuk perusahaan. Excel belum menjadi produk yang terlalu sulit, tetapi terkadang ketika kita mulai menggunakannya, masih banyak fitur yang belum kita ketahui.

Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahas tentang Microsoft Excel beserta cara mengolah data di dalamnya. Artikel ini nantinya akan memberikan gambaran lengkap tentang fitur Excel yang paling penting, mulai dari cara memasukkan data hingga cara membuat laporan. Yuk simak konten berikut ini!

Cara Memasukkan Data di Microsoft Excel dan Teknik Pengolahan Data Dasar

Setelah mengunduh dan memasang Microsoft Excel, bagian pertama yang perlu dilakukan adalah memasukkan data. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginput data:

Langkah 1: Buka Program Excel

Silahkan klik ikon Excel di desktop atau cari melalui menu start di windows kamu.

Langkah 2: Menyiapkan data

Sebelum memasukan data ke dalam Excel, siapkan terlebih dahulu data yang akan dimasukkan. Pastikan data bersifat objektif dan bersumber yang benar.

Langkah 3: Masukkan data ke dalam Excel

Setelah membuka program Excel dan menyiapkan data, langkah ketiga adalah memasukkan data ke dalam Excel. Klik pada sel yang kosong dan tuliskan data. Jika ingin memasukkan data dalam jumlah yang banyak, kamu dapat menyeleksi sel yang diinginkan dan menekan tombol “Ctrl V” untuk melekatkan data yang disalin ke ratusan atau bahkan ribuan sel secara bersamaan. Jika kamu menemukan kesulitan, cobalah mencari tutorial video atau artikel yang detail tentang cara memasukkan data ke dalam Excel.

Langkah 4: Menyeleksi dan Mengubah Format Data

Selanjutnya adalah memilih setiap sel data dan mengatur format yang diperlukan. Biasanya, pengguna akan menggunakan format angka, format valuta, atau format persentase di Excel. Untuk mengubah format data, kamu perlu menyeleksi data menggunakan Shift+Arrow (panah Excel). Setelah itu, tekan tombol “CTRL”+ “1” dan format yang diinginkan akan muncul di hadapanmu.

Sekarang, data yang dipasukkan sebelumnya sudah diformat dengan benar dan dapat menghasilkan sebuah laporan data yang jelas dan mudah dipahami. Langkah berikutnya adalah mengelola data dengan mengekstrak informasi apa pun yang mungkin ada di antaranya.

Langkah 5: Menggabungkan Data dari Berbagai Sumber

Terlebih lagi, ketika datamu lebih besar dan berasal dari berbagai sumber, kamu mungkin perlu menggabungkan data ke dalam satu file Excel untuk analisis lebih lanjut. Untuk menggabungkan data, klik dan tahan “Shift” ketika memilih sel yang pertama dari data kedua dan seterusnya, lalu lepaskan jari dari tombol “Shift”. Klik “Copy” dari sumber data pertama dan kemudian klik pada sumber data kedua dan tekan “CTRL+V” untuk melekatkan data ke dalam satu file.

Setelah kamu mengetahui cara memasukkan data di Microsoft Excel, langkah lain yang harus kamu ketahui adalah cara mengolah data dengan tepat, agar dapat dihasilkan informasi yang berkualitas dan dapat dipahami secara luas. Berikut adalah beberapa teknik dasar dalam mengolah data:

1. Menyeleksi Data

Anda dapat memilih data di Excel dengan meng-klik pada sel pertama yang diperlukan, lalu menahan tombol “Shift” dan meng-klik pada sel terakhir.

2. Menghapus Data

Untuk menghapus data, kamu dapat menyelekti data dan menekan tombol “Delete” di keyboard.

3. Mengedit Data

Untuk mengedit data, kerahkan kursor ke sel data yang ingin diedit dan edit data dengan mengetikkan data baru di dalam sel tersebut. Alternatif lainnya adalah dengan meng-klik dua kali pada sel data berturut-turut.

Baca Juga :  Cara Membuat Terbilang Otomatis Di Excel

4. Mencari Data

Anda dapat mencari setiap data di Microsoft Excel dengan menekan tombol “CTRL + F”. Setelah itu, Anda dapat memasukkan kata kunci ke dalam kotak pencarian dan memasukkan tab untuk melihat ke data berikutnya.

5. Filter Data

Semua data di Excel dapat disaring dengan beberapa cara, contohnya menghapus data yang telah diurutkan, menambahkan data baru pada topik tertentu, serta memilih data yang sesuai dengan kriteria tertentu. Untuk membuka kotak dialog filter, Anda harus mengeklik tombol “filter” di grup “Sort dan Filter”. Setelahnya, Anda akan melihat daftar tampilan item dan beberapa opsi filter yang tersedia.

Strategi Pemrosesan Data Excel Yang Jitu -Bagaimana Membuat Tabel dan Grafik pada Excel

Setelah Anda mengetahui dasar-dasar mengolah data di Excel, berikutnya adalah bagaimana membuat tabel dan grafik dengan baik dan efektif. Pada dasarnya, ada beberapa strategi bagi pengguna Excel untuk memroses data yang diberikan, mulai dari Data Cleaning dan Preprocessing hingga analisis deskriftif dan visualisasi data dengan diagram batang atau pie chart yang representatif.

Data Cleaning dan Preprocessing

Pertama-tama, data cleaning atau pembersihan data adalah salah satu langkah kritis dalam mengolah data Excel. Apabila data yang di-input memiliki beberapa anomali, seperti kolom kosong, baris kosong, data duplikat, atau kesalahan ketik, maka hasil laporan dan analisis yang dihasilkan tentu akan mengalami kesalahan dan tidak benar. Beberapa contoh data cleansing adalah menghapus baris kosong, menggabungkan dua kolom dengan jenis informasi yang sama, dan menstandarisasi judul kolom sehingga mudah dipahami oleh orang lain.

Analisis Deskriptif untuk Memahami Data

Setelah melakukan pembersihan data atau data cleaning, tahap analisis deskriptif berikutnya adalah untuk memahami data yang telah Anda buat lebih jauh. Hal ini dilakukan dengan tabel, grafik, dan diagram lainnya untuk membantu memvisualisasikan informasi. Beberapa contoh analisis deskriptif yang umum dilakukan dalam memahami data di Excel adalah menghitung jumlah data, menentukan ukuran, rentang, standar deviasi, dan persentase proporsi data.

Visualisasi Data dengan Tabel dan Grafik

Selain analisis deskriptif, pengguna Excel juga dapat melakukan visualisasi data dengan tabel dan grafik. Dalam membuat tabel dan grafik yang efektif, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu menentukan jenis data, menentukan jenis grafik yang tepat, mengatur skala sumbu, memberi judul, memberi label, dan mengedit warna. Beberapa contoh jenis grafik yang biasa digunakan di Excel, antara lain line chart, bar chart, pie chart, dan multiple charts.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa perbedaan antara Worksheet dan Workbook pada Excel?

Jawaban: Worksheet adalah komponen dasar pada Excel yang terdiri dari sel dan tabel. Setiap Worksheet memiliki satuan ukuran kolom dan baris pada layout penataan. Sedangkan Workbook adalah kumpulan dari banyak file worksheet dalam satu halaman kerja.

Pertanyaan 2: Bagaimana Cara Kerja Goal Seek di Excel?

Jawaban: Goal seek adalah alat fungsional pada Excel yang memungkinkan Anda memprediksi hasil atau output dari rumus berdasarkan variabel lainnya. Dalam hal ini, Anda harus memilih target atau tujuan dari cel tertentu dan mempertimbangkan nilai pembaruan dari sel yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Video Tutorial: Cara Memasukkan dan Mengolah Data di Microsoft Excel

Demikianlah beberapa hal tentang Microsoft Excel beserta pengolahannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami lebih dalam tentang cara menggunakan Excel dan sekiranya berguna untuk mengoptimalkan kinerja Anda di tempat kerja. Kami memberikan sedikit tip, jangan berhenti untuk terus belajar, karena penggunaan Excel yang baik hanya datang dengan pengalaman dan praktik yang terus-menerus. Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.